Polres Kuansing Lakukan Penyidikan Ijazah Palsu Kades Setiang Terpilih

    Jumat, 16 Maret 2018 - 08:09 Editor : Redaksi Dibaca : 93 Views

    Menit.co.id – Polres Kuansing tengah melakukan penyidikan terhadap dugaan kasus ijazah palsu Kepala Desa Setiang, Iramsi. Ijazah tersebut berupa paket A dan B diduga digunakan untuk pencalonan sebagai kepala desa pada 2017 lalu.

    “Dari hasil pemeriksaan beberapa saksi, kemungkinan ijazah kepala desa tersebut tidak asli. Dia membuat ijazah tersebut di Sumatera Barat,” ujar Kapolres Kuantan Singingi AKBP Fibri Karpiananto kepada merdeka.com, Kamis (15/3).

    Fibri mengatakan, penyidik reskrim juga sudah mengejar orang yang membuat ijazah kepala desa terpilih tersebut di Sumatera Barat dan hasilnya identik palsu. Namun, pihaknya menunggu kehadiran dinas terkait di Pemkab Kuansing yang menyelenggarakan pemilihan kepala desa.

    “Jadi tinggal menunggu pemeriksaan satu saksi lagi dari pihak dinas yang menyelenggrakan pilkades. Kalau betul ijazah diduga palsu itu digunakan untuk pencalonan, maka kita langsung gelar perkara,” ucap Fibri.

    Gelar perkara yang dimaksudkan Fibri berfungsi untuk menaikkan status kepala desa tersebut dari saksi terlapor menjadi tersangka. Dia menyebutkan hal itu tidak akan lama lagi dilakukan penyidik.

    “Satu langkah lagi lah, tapi kita tetap mengedepankan azas praduga tidak bersalah,” tegas Fibri.

    Kepala Desa Setiang Kecamatan Pucuk Rantau Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau diduga menggunakan ijazah palsu saat mencalonkan diri sebagai Kades pada akhir 2017 silam.

    Ijazah paket A dan B diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Pemeriksaan Kepala Disdik Dharmasraya dilakukan di kantornya oleh penyidik.

    (mdk/mdk)



    Komentar Pembaca: