Sertu Hendra, Prajurit Taifib Marinir Temukan Black Box Lion Air JT-610

    Kamis, 1 November 2018 - 12:38 Editor : Redaksi Dibaca : 157 Views

    Menit.co.id Kotak hitam atau black box milik Pesawat Lion Air JT-610 akhirnya ditemukan di hari keempat tragedi jatuhnya pesawat berlambang singa merah itu di perairan Ujung Karawang, pada Senin (29/10). Black box ditemukan oleh prajurit Intai Amfibi (Taifib) Marinir TNI AL Sertu Hendra.

    Pantuan kumparan di KM Baruna Jaya yang lego jangkar di perairan Ujung Karawang, Kamis (1/11), Sertu Hendra bersama penyelam lain mengangkat black box yang sudah disimpan dalam kontainer bertutup biru itu dari kapal sea rider dan ke KM Baruna Jaya.

    Sertu Hendra mendapati black box itu saat menyelam bersama beberapa prajurit Taifib Marinir. Sebenarnya ada puluhan penyelam dari TNI AL dan Basarnas yang dilibatkan untuk mencari black box dan badan pesawat tersebut.

    Berbekal alat yang bisa menangkap sinyal black box, Sertu Hendra menyelam hingga kedalaman 30 meter ke dasar laut.

    Black box Lion Air JT610 berhasil ditemukan dan diangkat ke permukaan oleh penyelam TNI AL. (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)

    “Begitu kami turun arusnya kencang. Kemudian dengan keterbatasan, kita menggunakan tali untuk tidak terlempar dan tidak terbawa arus karena tali tersebut agak menghambat kami,” cerita Sertu Hendra kepada wartawan di KM Baruna Jaya.

    Di area yang memancarkan sinyal black box, hanya didapati sedikit serpihan pesawat yang membuat Hendra dan penyelam lain ragu. Namun sinyal itu terus diikuti hingga mengarah pada endapan lumpur.

    “Kami gali dan mendapatkan black box-nya,” ucapnya.

    Belum diketahui black box ini adalah bagian CVR (Cockpit Voice Recorder) atau bagian FDR (Flight Data Recorder). Kedua bagian itu menjadi petunjuk bagi KNKT untuk menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat yang mengangkut total 189 orang itu.

    Black box lalu diangkat Hendra ke permukaan dan dibawa ke KM Baruna Jaya dan dimasukkan ke dalam kotak kaca lalu diserahkan ke Basarnas. Nantinya, black box akan diteliti oleh KNKT.

    “(Warna) orange, kondisinya utuh di dalam lumpur,” pungkas Sertu Hendra. Batalyon Intai Amfibi atau disingkat YonTaifib adalah satuan elite dalam Korps Marinir TNI AL.

    (Kumparan)



    Komentar Pembaca: