Skandal Suap APBD, Gubernur Jambi Zumi Zola Penuhi Panggilan KPK

    Jumat, 5 Januari 2018 - 11:38 Editor : Redaksi Dibaca : 273 Views

    Menit.co.id – Gubernur Provinsi Jambi, Zumi Zola penuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk dimintai keterangannya sebagai saksi terkait pemberian suap rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (R-APBD) Tahun Anggaran 2018.

    Zumi, sedianya diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Saipudin, Asisten Daerah III Provinsi Jambi. Setibanya di gedung KPK pukul 09.55 WIB, Zumi turun dari mobil Toyota Fortuner hitam dengan menggunakan plat dinas merah.

    Mengenakan batik lengan panjang berwarna hitam, mantan aktor itu enggan berkomentar banyak mengenai pemeriksaan terhadap dirinya hari ini.

    “Nanti saja yah setelah pemeriksaan,” ujar Zumi kepada awak media, Jumat (5/1). Dengan mengumbar senyum, Zumi bergegas masuk ke lobi gedung KPK sebelum beranjak ke ruang penyidikan.

    Sementara itu, ketua DPRD Provinsi Jambi, Cornelis Buston juga penuhi panggilan penyidik KPK untuk pemeriksaan kasus yang sama. Berbeda dengan Zumi, politisi Demokrat itu bungkam setibanya di gedung KPK sekitar pukul 09.30 WIB.

    Diketahui, dalam kasus ini, KPK telah menetapkan empat tersangka. Pihak diduga sebagai pemberi suap yakni pelaksana tugas Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Erwan Malik dan Asisten Daerah III Provinsi Jambi, Saipudin serta pelaksana tugas Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi, Arfan.

    Sedangkan dari pihak legislatif yang telah ditahan dan diduga sebagai penerima suap, yakni Supriono anggota DPRD Provinsi Jambi dari fraksi PAN.

    Dalam perkara tersebut KPK sebelumnya telah mengamankan total uang dalam pengembangan operasi tangkap tangan (OTT) pada, Selasa (28/11) itu sebesar Rp 4,7 miliar.

    Diduga uang suap diberikan agar anggota DPRD Provinsi Jambi bersedia hadir untuk pengesahan APBD Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2018.

    (mdk/mdk)



    Komentar Pembaca: