Wanita asal Medan Tertangkap Bawa Narkoba di Bandara Husein Sastranegara

    Senin, 12 Maret 2018 - 21:32 Editor : Redaksi Dibaca : 142 Views

    Menit.co.id – Seorang wanita berinisial M gagal menyelundupkan narkoba golongan satu jenis Methamphetamine ke Bandara Internasional Husein Sastranegara, Bandung. Barang haram itu dia disimpan di dalam pembalut, namun terendus petugas Bea Cukai Jabar.

    Kepala Bea Cukai Jawa Barat, Syaefullah Nasution, menyatakan para petugas berhasil mengamankan narkotika seberat 510 gram, pada Sabtu (10/3). Upaya penyelundupan diketahui setelah petugas Bea dan Cukai mencurigai tingkah laku M usai turun dari pesawat yang membawanya dari Kuala Lumpur tujuan Bandung.

    Tersangka yang diketahui berasal dari Medan itu sebetulnya sempat mengelabui petugas dalam pemeriksaan barang melalui X-ray. Namun pemeriksaan dilanjutkan di sebuah ruangan untuk pemeriksaan badan.

    “Petugas mendapatkan serbuk putih di dalam pembalutnya, setelah diuji lab ternyata hasilnya positif mengandung narkotika,” ungkapnya di kantor Bea Cukai Bandung, Jalan Rumah Sakit, Senin (12/3/2018).

    Tersangka langsung diserahkan ke pihak kepolisian untuk menjalani proses penanganan hukum.

    Atas perbuatannya, M dijerat pasal 102 huruf e UU no 17 tahun 2006 tentang Perubahan UU no 10 tahun 1995 tentang Kepabeanan dengan ancaman hukuman berupa pidana penjara paling singkat satu tahun dan paling lama 10 tahun dan denda paling sedikit Rp 50 juta, paling banyak Rp 5 miliar.

    Pelaku juga dijerat pasal 113 ayat (2) UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman berupa pidana mati, pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 tahun sampai 20 tahun dengan denda Rp 10 miliar ditambah 1/3 dari denda paling banyak.

    (mdk/mdk)



    Komentar Pembaca: