Warga Sedih Kawasan Chinatown Siak Kini Sudah Rata dengan Tanah

    Sabtu, 17 Februari 2018 - 14:08 Editor : Redaksi Dibaca : 299 Views

    Menit.co.id – Warga Kabupaten Siak, Provinsi Riau datang berduyun-duyun ke kawasan Chinatown Siak, Sabtu (17/2/18) pagi. Mereka heran, bangunan Jadul identik warna merah itu sudah rata dengan tanah.

    Di bagian -bagian tertentu api masih memamah pekayuannya, sehingga masih menimbulkan asap.

    “Aduh, benar-benar sedih melihatnya. Katanya ada kebakaran, kami datang ke sini sudah rata dengan tanah. Sedih sekali rasanya,” kata Safrinaldi, warga Kampung Rempak, kecamatan Siak, kabupaten Siak.

    Warga kota Siak tersebut memadati jalan-jalan di sekitar depan pasar Seni, jalan Pepaya dan jalan Sultan Ismail.

    Susah bergerak menuju arah Kelenteng Hock Siu Kiong, yang berada di bagian paling ujung arah ke kampung Suak Lanjut.

    “Warga Tionghoa mereka ke Kelenteng. Mereka sembahyang di sana. Tapi kita tidak bisa kesana, padat sekali. Api juga masih belum padam semua,” katanya dikutip dari Tribun Pekanbaru.

    Tidak hanya itu, pihak kepolisian dan petugas Damkar juga masih sibuk di sana. Mereka bekerja di tengah kerumunan warga yang lebih banyak mengambil foto dan video dengan smartphone masing-masing.

    “Sedih sekali ya, padahal pasar lama ini satu bangunan yang telah menjadi ikon Siak. Sekarang sudah habis terbakar,” kata Yana, warga lainnya.

    Masyarakat berharap pemerintah membantu warga Tionghoa itu untuk membangun kembali ruko-ruko tersebut.

    Namun, bangunannya juga diharapkan tidak mengubah nilai estetika pecinan, sehingga di masa depan Siak masih punya kawasan Chinatown yang ikonik.

    (rdk/rdk)



    Komentar Pembaca: