Pertamina Patra Niaga Leadership Development Program Menuju Transformasi Bisnis

    Selasa, 24 Juli 2018 - 11:02 Editor : Redaksi Dibaca : 33 Views

    Menit.co.id Pertamina Patra Niaga saat ini dan masa depan tidak akan terlepas dari tantangan VUCA world yang bersifat Volatile (bergejolak dan tidak stabil), Uncertain (tidak pasti), Complex (kompleks, rumit) dan Ambigu (tidak jelas).

    Peran seorang pemimpin yang kompeten, berintegritas sekaligus adaptif akan menjadikan VUCA tidak hanya sebagai tantangan, namun sekaligus peluang agar organisasi dapat terus tumbuh secara berkelanjutan, dengan demikian Leadership Development secara berkesinambungan untuk mempersiapkan future leader Patra Niaga menjadi demikian penting.

    Oleh karenanya di tahun 2018 ini kembali diselenggarakan Pertamina Patra Niaga Leadership Development Program (PLDP) Batch II sebagaimana pada tahun 2017 yang lalu telah diselenggarakan PLDP Batch I.

    Program PLDP Batch II resmi dimulai hari Senin (23/7) ditandai dengan pembukaan oleh Direktur MM Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (MM FEB UGM) Dr T. Hani Handoko, MBA, dan Plt Direktur Utama Pertamina Patra Niaga (Patra Niaga) Romulo Hutapea.

    Acara pembukaan tersebut di adakan di auditorium Kampus MMGUM Jakarta dan dihadiri oleh para Division Head Patra Niaga dan Deputy Director MM FEB UGM, Sumiyana, PhD.

    Untuk PLDP Batch II ini diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari para Manager, Operation Area Manager (OAM), Sales Area Manager (SAM) dan Finance Area Manager (FAM) yang masuk dalam talent mapping tahun 2018.

    Program ini menggandeng Magister Management Universitas Gadjah Mada (MMUGM) sebagai pemateri, berlokasi di MMUGM Kampus Jakarta, kawasan Tebet Manggarai dengan durasi program selama 14 hari. Total pertemuan terdiri dari 50 sesi, dilaksanakan sejak tanggal 23 Juli sampai 31 Agustus 2018.

    Rangkaian acara dilanjutkan dengan sesi Leadership Talkshow bersama Plt. Direktur Utama (Dirut) Patra Niaga Romulo Hutapea dan Dr. T.Hani Handoko, MBA, sebagai moderator.

    Dalam kesempatan tersebut Plt. Dirut Patra Niaga Romulo Hutapea menyampaikan sejumlah tantangan yang dihadapi Patra Niaga saat ini dan di masa yang akan datang, serta peran penting calon pemimpin masa depan.Ia juga berbagi pengalaman inspiratif dari perjalanan karir dan pengembangan dirinya yang dirangkum oleh Dr. T.Hani Handoko, MBA, sebagai perjalanan karir Romulo Hutapea dalam membangun kepemimpinan strategis.

    Direktur MM FEB UGM juga menyampaikan beberapa key point dari kepemimpinan strategis kepada peserta program PLDP Batch II sebagaimana dijelaskan dalam Harvard Business Review on What Makes a Leader (2001), bahwa seorang Leader harus memiliki passion bidang karir, dapat membangun visi yang strategis, berupaya membangun core competencies dirinya, terus berinovasi, memimpin perubahan, mencetak pemimpin masa depan, dan senantiasa menjaga integritas.

    Program PLDP ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi leadership para peserta dengan titik berat pada pengembangan strategic competency, key soft skills, dan business action. Tujuannya untuk membekali peserta agar dapat menjadi pemimpin bisnis yang mampu menyiasati trend masa depan, tangguh, dan adaptif serta berpegang pada SPIRIT Tata Nilai 6C.

    Tidak hanya penambahan pengetahuan strategis, PLDP juga menyasar sampai kepada kemampuan peserta untuk merancang aksi bisnis dan eksekusinya. Sejumlah Break Through Project (BTP) ditargetkan lahir dari PLDP Batch II ini, yang diharapkan memiliki dampak signifikan bagi perbaikan proses bisnis maupun pengembangan usaha.

    (adv/adv)



    Komentar Pembaca: