Ratusan AMT Pertamina TBBM Maos Jalani Tes Urine

    Rabu, 10 Oktober 2018 - 15:41 Editor : Redaksi Dibaca : 39 Views

    Menit.co.id Ratusan awak mobil tangki PT Ardina Prima, perusahaan rekanan di Pertamina Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Maos, Cilacap menjalani pemeriksaan urine untuk mendeteksi penggunaan narkoba, Selasa (9/10).

    Site SPV Fleet Management PT Pertamina Patra Niaga TBBM Maos, Yudi Istilandani, mengatakan terdapat 239 AMT yang menjalani tes narkoba. Tes narkoba ini rutin dilaksanakan setiap tahun.

    “Ini merupakan komitmen Pertamina Petra Niaga untuk memastikan AMT dalam keadaan clean,” ujarnya saat ditemui disela-sela kegiatan tes narkoba.

    Ia menambahkan, tujuan pelaksanaan pemeriksaan narkoba ini sebagai upaya pencegahan, service excellent SPBU, serta menjaga image baik perusahaan di masyarakat.

    “Apabila, nanti hasil tes ini ada AMT yang hasilnya positif menggunakan narkoba akan langsung dikeluarkan,” ujarnya.

    Selain menggelar tes narkoba, Pertamina Patra Niaga TBBM Maos setiap hari melaksanakan permeriksaan medis bagi AMT sebelum bekerja. Tes kesehatan medis ini meliputi, tensi darah, kolestrol, gula darah, dan alkohol.

    Tes ini untuk memastikan bahwa AMT yang bekerja benar-benar sehat. Tes kesehatan penting karena mereka mendistribusikan BBM ke SPBU-SPBU di wilayah kerja TBBM Maos.

    Sementara itu, dari pukul 07.00 hingga 12.00, jumlah AMT yang menjalani pemeriksaan narkoba tercatat 145 orang. Pemerksaan narkoba ini berlangsung hingga sore hari.

    Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Provinsi Jawa Tengah, Yustina Martin, mengatakan, hasil pemeriksaan tes urine untuk mengetahui apakah ada AMT terindikasi menggunakan narkoba atau tidak akan disampaikan ke perusahaan setelah pemeriksaan selesai.

    “Hasil tes narkoba akan kami sampaikan ke perusahaan pemohon. Apabila ada yang kedapatan hasil positif narkoba, kami fasilitasi rehabilitasi yang disesuaikan dengan tingkat kecanduannya. Ini untuk menentukan apakah nantinya di rawat jalan atau inap,” katanya.

    Ia mengatakan, pemeriksaan urine kepada AMT akan dilanjutkan ke Boyolali untuk deteksi dini penggunaan narkoba. “Hari kemarin kami melakukan tes narkoba di Tegal, hari ini di Maos, dan besok di Boyolali,” katanya.

    (adv/adv)



    Komentar Pembaca: