Enam Partai Politik Jalin Komunikasi Hadapi Pilkada Jawa Barat

    Selasa, 22 Agustus 2017 - 08:19 Editor : Redaksi Dibaca : 209 Views

    Menit.co.id – Pengurus Partai Demokrat, Gerindra, PPP, PKB, PAN, dan Hanura melakukan komunikasi politik untuk persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat (Jabar), termasuk Pilkada serentak di 16 kota/kabupaten di provinsi tersebut.

    Pertemuan itu digelar tertutup di Hotel Horison, Kota Bandung, Senin (21/8) malam. Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PPP Ade Munawaroh Yasin mengatakan dalam pertemuan tersebut enam parpol mencoba menyamakan persepsi jelang proses Pilkada tahun depan.

    “Berkumpulnya ini adalah bentuk penyikapan kami terhadap kondisi yang sampai hari ini belum pasti atau cair, walaupun sudah kita dengar di berita sudah ada koalisi PDIP dan Golkar,” kata Ade di Bandung seperti dikutip dari Antara, Selasa (22/8).

    Selain Ade yang berasal dari PPP, dalam pertemuan tertutup itu hadir pula Ketua DPW PAN Jabar Hasbulah Rahmad, Ketua DPD Gerindra Jabar Mulyadi, Ketua DPD Partai Demokrat Jabar Iwan Sulanjana, dan PKB serta Hanura yang mengirim wakil pimpinan.

    Ade tak bisa memastikan apakah pertemuan tersebut akan membuat enam parpol berkoalisi dalam Pilkada di Jabar. Pertemuan semalam, kata Ade, sebatas dialog awal.

    “Hari ini kesamaan dan kesepahaman, ini bukan untuk mencalonkan dulu, tapi kami ingin berkontribusi untuk Jawa Barat. Tugas kami adalah bagaimana kami mencetak pemimpin di Jabar,” kata Ade.

    Ia juga membantah pertemuan itu telah menjurus pada dukungan terhadap salah satu kandidat calon gubernur Jawa Barat. Persoalan kandidat dan koalisi, kata Ade, bisa didapatkan pada pertemuan selanjutnya.

    “Di luar ini sudah ada pembicaraan, tetapi ini sebatas kesepahaman kesepakatan lisan, mudah-mudahan pertemuan selanjutnya akan dipertegas lagi, harus seizin pimpinan,” katanya.

    Sebelumnya, PDIP dan Golkar juga telah melakukan komunikasi politik. Keduanya adalah partai yang memiliki jumlah kursi terbanyak di DPRD Jawa Barat.

    Bahkan, pada awal Agustus ini, dua partai tua itu telah sepakat untuk membentuk Tim Lima guna merumuskan langkah-langkah terkait Pilkada Serentak 2018.

    Di sisi lain, Hanura, PKB, dan PPP pun pernah menjalin komunikasi politik dengan partai NasDem terkait Pilkada Jabar 2018.

    Dalam pertemuan tertutup yang digelar 11 Agustus lalu, Ade Munawaroh berkomunikasi politik dengan Ketua DPW NasDem Jabar Saan Mustopa, dan Sekretaris DPW PKB Jabar Maulana Yusuf.

    NasDem merupakan satu-satunya partai yang secara terang-terangan mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jabar.

    (cnn/cnn)



    Komentar Pembaca: