Megawati Soekarnoputri Sempat Usulkan Otonomi Daerah Dievaluasi

    Selasa, 15 Agustus 2017 - 12:31 Editor : Redaksi Dibaca : 244 Views

    Menit.co.id – Presiden Keempat Megawati Soekarnoputri mengungkapkan, dirinya pernah mengusulkan agar pelaksanaan otonomi daerah dievaluasi. Hal itu terkait pelaksanaan otonomi daerah yang dinilainya kurang maksimal.

    Demikian disampaikan Megawati saat pidato pada Dialog Kebangsaan: Mengelola Keragaman, Meneguhkan Keindonesian, LIPI, Jakarta, Selasa (15/8).

    Ia menceritakan, saat masih menjadi wakil presiden, yang saat itu presidennya Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, semangat otonomi daerah untuk membangkitkan ekonomi daerah yang mandiri.

    “Tapi pada kenyataan saya udah bilang ke yang berwenang coba dievalusai kembali, saya kira LIPI meneliti kembali,” ujarnya.

    Saat rapat terbatas, ia menjelaskan, lahirnya otonomi daerah karena merupakan tuntutan reformasi. Yakni, kekuasaan pemerintah tidak boleh terpusat, karena itu harus dibagi merata ke semua daerah.

    “Tapi saya katakan ke pak presiden kalau melihat ini maka yang kurang ada masalah potensi ekonominya. Apalagi ketika itu, ketika daerah ingin dimekarkan yang harus ada adalah aspirasi. Artinya penduduk dan wilayah. Masalah ekonomi sangat tidak tercermin, saya bilang gitu,” bebernya.

    Saat itu, ia menjelaskan, menteri yang bertanggung jawab langsung adalah Ryaas Rasyid (menteri Otonomi Daerah). Ryas sempat memaparkan, otonomi daerah yang diformalkan dalam Undang Undang itu, harus dilaksanakan.

    “Kalau kita lihat setelah beberapa tahun saya bilang mendagri sebagai ketum ini harusnya evaluasi, apa yang ada bisa dikatakan 90 persen abis untuk namanya biaya rutin. Kalau enggak percaya bapak ke bawah deh, jalan, dateng ke mereka setelah pemekaran,” katanya menjelaskan.

    (cnn/cnn)



    Komentar Pembaca: