Lima Cara Ampuh Hilangkan Bibir Kering dan Pecah saat Berpuasa

    Sabtu, 12 Mei 2018 - 23:27 Editor : Redaksi Dibaca : 90 Views

    Menit.co.id Bukan hanya kulit yang bisa kering ketika udara panas. bibir pecah-pecah dan kering ketika berpuasaa saat ramadan juga kerap dialami banyak orang.

    masalah yang biasa terjadi itu sering muncul karena kita mengalami dehidrasi setelah berpuasa selama seharian. Selain itu, bibir juga menjadi salah satu bagian tubuh yang paling rentan menjadi kering karena rak memiliki kelenjar minyak dan keringat sehingga sulit untuk membuatnyaterus lembab.

    Untuk mengatasi hal tersebut, sejumlah cara alami ini mampu menghindarimu dari bibir pecah dan kering ketika ramadan.

    1. Gunakan pelembab dengan kandungan SPF

    Kulit bibir kita 15 kali lebih tipis dari kulit tubuh. Perlindungan ekstra terhadap matahari tak hanya bisa dilakukan untuk kulit saja, tetapi juga perlu pada bibir. Apalagi cuaca saat puasa biarnya panas dan kering.

    Ada baiknya gunakan pelembab bibir dengan kandungan SPF untuk menghindari bibir pecah sekaligus melindungi dari sinar matahari yang membuat bibir menjadi cepat menghitam.

    2. Berhenti menjilati bibir

    Banyak orang mungkin merasa menjilati bibir dengan air liur mungkin dapat memberikan kelembaban. Padahal cairan air liur justru cepat menguap dan membuat bibir semakin rentan kering.

    Dari hal itu kita justru terbiasa untuk menjilat bibir. Bukannya mengatasi kering, hal tersebut malah menambah masalah pada bibir.

    3. Sering melakukan eksfoliasi

    Untuk melakukan hal ini kamu bisa menggunakan scrub bibir ataupun sikat gigi. Hal tersebut dipercaya dapat melepaskan sel-sel mati pada area bibir.

    Jika kamu rajin melakukan hal ini saat ramadan, bibir tak mudah untuk menjadi kering dan selalu terasa halus.

    4. Menjaga makanan

    Pepaya, kacang serta biji-bijian mengandung vitamin, mineral dan asam lemak yang membuat kulit bibir lembut dan lentur. Selain itu, mengonsumsi banyak buah juga bisa jadi salah satu cara untuk membuat bibir tetap lembab.

    Jika kamu menginginkan bibir agar tak mudah kering, kurangi konsumsi makanan pedas dan asin. Kedua makanan tersebut sangat berperan kuat untuk membuat bibit cepat kering. Di samping itu, makanan asing dan manis juga menyebabkan kita lebih mudah lapar.

    5. Gunakan madu sebelum tidur

    Madu merupakan cara alami untuk menghilangkan bibir kering. Sayangnya, mengoleskan madu saat puasa bisa-bisa membuat puasamu batal. Oleh karena itu, kamu bisa mengoleskannya ketika sebelum tidur. Dan menjelang sahur kamu bisa mengonsumsi tiga sendok makan madu.

    Dengan mengonsumsi madu, tak hanya bikin bibirmu lembab sepanjang hari. madu juga bisa memberikan energi ketika ketia berpuasa.

    Sumber: Liputan6



    Komentar Pembaca: