4 Fitur YouTube Kids Lindungi Anak dari Bahaya Konten Internet

    Selasa, 27 November 2018 - 17:25 Editor : Redaksi Dibaca : 40 Views

    Menit.co.id Di tengah himpitan teknologi informasi yang kian masif, orangtua perlu melakukan pengawasan saat anak berselancar di dunia maya. Internet ibarat rimba raya virtual, tempat di mana beragam konten dari berbagai belahan dunia berebut perhatian audiens.

    Sedangkan anakanak, yang masih dalam tahap pembentukan karakter, belum mampu menyaring konten negatif di internet yang tak seharusnya mereka tonton.

    Bagaimana orangtua bisa memastikan anakanak aman saat menjelajah internet? Pada prinsipnya, orangtua harus menjamin bahwa tayangan yang ditonton anak harus bersifat ramah anak. Akan lebih baik lagi jika bermuatan edukasi.

    Menghadapi tantangan pengasuhan di era teknologi informasi seperti sekarang, platform media sosial berbasis video, YouTube, menghadirkan YouTube Kids, sebuah aplikasi baru yang dibangun dengan memikirkan kebutuhan anak. Peluncuran YouTube Kids di Indonesia telah digelar pada September 2018 lalu.

    “Prioritas utama dari YouTube adalah untuk memberikan akses bagi orangtua dan anak-anak Indonesia terhadap koleksi konten yang ramah inspiratif, edukatif, menghibur dan juga ramah keluarga,” kata Fibriyani Elastria, Head of Consumer Marketing, Google Indonesia, pada sesi Media Event di Jakarta, 27 November 2018.

    Tak sekadar menyuguhkan konten, YouTube Kids yang juga telah dirilis di 38 negara ini, memiliki fitur yang membantu orangtua untuk mengontrol anak dalam menonton. Fitur-fitur itu, di antaranya; timer, search on/off, blocking, dan parent approved mode.

    Timer, membantu orangtua membatasi waktu anak menonton. “Maksimal pengaturan timer di YouTube Kids ini satu jam. Karena bagi anak-anak, satu jam untuk menonton itu sudah cukup,” kata Fibri.

    Search On/Off, memungkinkan orangtua untuk mengontrol konten apa saja yang dapat dicari di platform YouTube Kids.

    Blocking, misalnya ada konten yang orangtua nilai tak cocok untuk ditonton anak, dapat di-block menggunakan fitur ini.

    Parent approved mode, fitur yang membantu orangtua untuk memilih sendiri video atau kanal apa yang tersedia pada profil anak.

    YouTube Kids telah ditonton lebih dari 70 miliar kali di seluruh dunia, dan berhasil menduduki peringkat 5 terbaik dalam kategori aplikasi anak.

    Platform ini juga diharapkan dapat menjadi tempat aman dan nyaman bagi anak-anak, khususnya umur 2-10 tahun, untuk dapat mengeksplorasi rasa ingin tahu dan imajinasi mereka.

    (viva)



    Komentar Pembaca: