Akun Instagram Gerakan Pramuka Sempat Tak Bisa Diakses

    Jumat, 11 Agustus 2017 - 19:47 Editor : Redaksi Dibaca : 126 Views

    Menit.co.id Menjelang Raimuna Nasional XI Gerakan Pramuka 2017 yang bakal dibuka 14 Agustus, akun Instagram @gerakanpramuka sempat tak bisa diakses.

    Akun resmi Kwartir Nasional Gerakan Pramuka di Instagram diduga diretas karena tiba-tiba hilang pada Jumat (11/8) pagi dan tidak bisa dibuka.

    Menurut keterangan tertulis yang diterima CNNINdonesia.com, akun tersebut sempat berganti nama menjadi @z2vyywtgbnbyyw11a2e.

    Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka, Hariqo Wibawa menyayangkan peretasan akun Kwarnas oleh pihak yang tidak bertanggungjawab jelang Raimuna Nasional. Pasalnya, kata dia, Raimuna Nasional merupakan pertemuan generasi millenial usia 17-25 tahun terlengkap dan terbesar di Indonesia.

    “Gerakan Pramuka adalah kegiatan yang sangat besar, namun akun utama kita dibajak, sehingga detik-detik terakhir persiapan kita tidak bisa memberikan informasi kepada anggota Pramuka di seluruh dunia,” jelas Hariqo di Cibubur, Jumat sore (11/8).

    Hariqo menambahkan akan mengedepankan musyawarah untuk menyelesaikan masalah ini.

    “Kita berharap kepada yang meretas agar mengembalikannya. Saya lihat protes yang sama juga disampaikan ratusan Pramuka di kolom komentar dan grup-grup percakapan di ponsel,” imbuhnya.

    Bisa jadi, si peretas hanya iseng tanpa menyadari dampak besarnya. Namun, pihak Pramuka sejauh ini mengaku sudah memberi ultimatum kepada peretas agar segera mengembalikan akun tersebut jika tidak ingin dilaporkan pada pihak berwajib.

    “Kami akan lapor kepada Kepolisian jika besok, Sabtu (11/8) pukul 14.00 akun tersebut belum dikembalikan,” tegasnya.

    Menurut Hariqo, akun @gerakanpramuka terakhir bisa dibuka pada Kamis (10/8) malam. Setelah dicek kembali pada Jumat (11/8) pagi, tiba-tiba akun tersebut sudah tidak bisa dibuka dan berganti nama. Padahal Instagram ini sudah memiliki 162.000 pengikut dengan jumlah postingan 14.000.

    Saat diakses CNNINdonesia.com pukul 18.55 WIB, akun Instagram @gerakanpramuka terlihat tidak memiliki postingan dan following. Hanya 2 followers yang tampak di akun yang kini menjadi akun privat tersebut.

    Namun saat berita ini diturunkan, akun tersebut telah bisa diakses dengan normal. Postingan juga tampak kembali normal.

    Melaporkan pada Instagram

    Beberapa hal yang sudah dilakukan menurut Hariqo antara lain, mengikuti prosedur pelaporan sesuai petunjuk di Instagram, log in kembali menggunakan nomor telepon seluler, email, dan nama akun. Tetapi masih belum bisa terakses.

    “Kami juga menghubungi Saudara Bhayu Sugarda Weber (agensi PR yang menangani Instagram dan Facebook) dan Saudari Tussi dari pihak Instagram,” tambah Hariqo.

    Sementara itu, Kwarnas Gerakan Pramuka selama ini menggunakan berbagai media sosialnya untuk mengkampanyekan tagar #SetiapPramukaAdalahKantorBerita.

    Bahkan, ada 10 tugas Pramuka di media sosial, di antaranya mempromosikan produk unggulan daerah, kuliner, pariwisata, dan potensi daerah lainnya dengan sukarela, melawan separatisme, radikalisme, mempromosikan dan membela NKRI, Pancasila di media sosial, dan lain-lain.

    Banyak video hasil karya Pramuka di berbagai daerah yang disebar lewat media sosial, khususnya Instagram. Untuk itu, Hariqo memohon maaf mewakili Kwarnas.

    “Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Dibantu pihak Instagram kami tengah berupaya melakukan langkah strategis untuk bisa mengembalikan Instagram @gerakanpramuka, karena kami berada di detik-detik terakhir persiapan Raimuna Nasional Gerakan Pramuka yang membutuhkan publikasi masif,” pungkasnya.

    Sekadar informasi, pembukaan Raimuna Nasional XI 2017 Gerakan Pramuka akan dihadiri Presiden RI, Joko Widodo di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur. Kegiatan ini diikuti 15.000 Pramuka dari 34 Provinsi dan 514 kota/ kabupaten di Indonesia.

    (cnn/cnn)



    Komentar Pembaca: