Empat Langkah Cara Hapus Data Pribadi yang Direkam Google

    Jumat, 18 Agustus 2017 - 21:29 Editor : Redaksi Dibaca : 149 Views

    Menit.co.idGoogle adalah perusahaan teknologi dengan layanan yang sulit dipisahkan dari kegiatan berinternet masyarakat dewasa kini. Sebut saja Gmail, GDocs, Drive, hingga Chrome, layanan Google terentang untuk melayani kebutuhan berinternet sehari-hari.

    Satu keuntungan memakai layanan Google yang perlu digarisbawahi adalah gratis. Mayoritas aplikasi yang mereka sediakan tak memungut biaya. Google biasanya mengenakan biaya untuk layanan versi premiumnya.

    Namun benarkah Google cuma-cuma memberikan layanannya ke publik? Jawabannya tidak.

    Sebagai ganti layanan gratis, Google mengumpulkan data penggunanya untuk kemudian ‘diolah’ dan ditawarkan ke para pengiklan. Perlu diingat bahwa dari iklan, mayoritas pendapatan Google berasal.

    Bagi mereka yang mementingkan privasi di atas segalanya, ada sejumlah cara mengetahui data apa saja yang Google peroleh. Berikut 4 langkah mengetahuinya:

    1. Buka history.google.com/history. Situs url ini adalah gerbang untuk mengetahui apa saja yang Google rekam. Cukup ketik alamat url tersebut maka akan muncul riwayat aktivitas seseorang di layanan Google.

    2. Ubah setelan waktu. Di laman aktivitas Google, ada opsi melihat semua aktivitas yang terjadi hari ini hingga sepanjang waktu. Untuk mengetahui semua aktivitas kita, maka pilih sepanjang waktu.

    3. Sortir data mana yang ingin dihapus. Setelah riwayat aktivitas terpampang, maka terlihat sejumlah data segala kegiatan selama menggunakan layanan Google. Mulai dari tempat yang kita kunjungi, video yang kita tonton di Youtube, hingga berita yang pernah dibaca.

    Bagi pemilik ponsel Android yang sudah dilengkapi Google Assistant, Google juga merekam suara dan ‘percakapan’ pengguna dengan ASsistant.

    4. Hapus semua data. Bila sudah mantap ingin menghapus semua data riwayat aktivitas Google, maka segera cari opsi hapus. Cari ikon tiga titik vertikal di kanan.

    Akan ada pilihan penghapusan berdasarkan tanggal dan data dari produk apa saja yang ingin dihapus. Bagi yang mereka ingin menghapus semua data yang direkam Google, maka jangan ragu pilih opsi ‘All Products’.

    (cnn/cnn)



    Komentar Pembaca: