Instagram Luncurkan Tool Tangkal Komentar Negatif

    Rabu, 27 September 2017 - 14:47 Editor : Redaksi Dibaca : 229 Views

    Menit.co.idMedia sosial Instagram resmi mengumumkan kampanye bertajuk #KomenBaik dalam rangka melawan cyberbullying yang kian marak terjadi.

    Tak cuma hadir dalam bentuk mural karya seniman Indonesia, kampanye #KomenBaik juga menggulirkan tool terbaru yang bisa digunakan oleh pengguna Instagram.

    Dijelaskan oleh Director of Community Instagram Amanda Kelso, tool yang hadir di Instagram Live adalah fitur yang memperkenankan pengguna mengontrol komentar negatif pada postingan-nya, mulai dari semua pengguna hingga grup tertentu.

    “Pengguna bisa memilih siapa pun yang bisa mengomentari postingan, baik yang mereka ikuti atau pengikut mereka,” jelas Amanda saat peluncuran kampanye #KomenBaik di Tribeca Park, Jakarta, Rabu (27/9/2017).

    Tool ini menariknya bisa digunakan semua pengguna akun, baik itu privat atau publik. Caranya juga mudah, yaitu hanya perlu mengakses tool dengan masuk ke menu “Settings”, lalu pilih “Comments”.

    Selain fitur pengontrol komentar, Instagram juga menghadirkan fitur pelaporan anonim di siaran Live. Jika pada suatu siaran Live tertentu si pengguna mendapati komentar-komentar negatif, ia bisa melaporkan akun tersebut secara anonim,

    Jadi, saat siaran, pengguna akan ditawarkan pesan dengan pilihan untuk menghubungi saluran bantuan, teman, atau meminta dukungan lain. Instagram juga telah memiliki tim khusus yang menangani hal tersebut dalam 24 jam sehari.

    Sekadar informasi, tool keamanan ini sengaja diperkuat untuk membantu pengguna yang mengalami kejadian cyberbullying baik secara langsung dalam siaran Live, atau tidak langsung via kolom komentar.

    Karena itu, Amanda dikutip dari Liputan6.com menegaskan, pihaknya tak akan lengah untuk terus menumpas segala sesuatu berbau negatif seperti cyberbullying di Instagram.

    “Kami telah membangun salah satu aplikasi yang paling aman. Secara konsisten, kami terus memperkenalkan perangkat keamanan dan well-being, seperti penyaring komentar, laporan di dalam aplikasi, otentikasi ganda, fitur pengontrol komentar, pelaporan anonim dalam Live, dan masih banyak lagi,” lanjut Amanda.

    “Dengan begitu, kami yakin komunitas pengguna Instagram bisa lebih memiliki kemampuan yang besar untuk menciptakan perubahan positif dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

    (zik/zik)



    Komentar Pembaca: