Line Umumkan Rencana Pencanangan Ekonomi Token Line dan Peluncuran Lima dApps

    Rabu, 3 Oktober 2018 - 16:06 Editor : Redaksi Dibaca : 76 Views

    Menit.co.id – LINE Corporation (“LINE”) telah mengumumkan rencana untuk meluncurkan lima aplikasi baru yang terdesentralisasi “dApps”*1. Kelima aplikasi ini memiliki beberapa kategori layanan, yakni perkiraan, tanya jawab, ulasan produk, ulasan makanan, dan peninjauan lokasi menggunakan media sosial.

    Pengumuman mengenai peluncuran dApps ini, dilakukan pada saat berlangsungnya konferensi pers, di mana perusahaan mengungkapkan spesifikasi rinci dan teknologi pada konsep Ekonomi Token LINE. Selain itu, LINE akan mulai menawarkan token digitalnya sendiri yang bernama LINK (untuk pasar di luar Jepang) dari pertukaran aset digital global BITBOX *2 mulai 16 Oktober.

    *1: dApps, singkatan dari decentralized applications atau aplikasi terdesentralisasi, merupakan aplikasi berjenis open-source yang dibangun dengan teknologi blockchain.

    *2: BITBOX merupakan sebuah layanan token digital dan operasi bisnis yang berhubungan dengan blockchain. Layanan ini dioperasikan oleh LINE Corporation dan LINE Tech Plus Corporation yang dimiliki oleh LVC Corporation (sebuah perusahaan grup LINE yang bergerak di bidang digital token dan operasi bisnis terkait blockchain).

    LINE luncurkan ekonomi token untuk membentuk ekonomi co-creation

    Ekonomi Token LINE menggunakan jaringan blockchain yang dikembangkan secara internal oleh LINE, yaitu LINK Chain (MainNet) guna mengembangkan ekosistem LINK yang bertujuan untuk mempermudah hubungan antara pengguna dan penyedia layanan guna memperomosikan co-creation dan pertumbuhan timbal balik. Pengguna bisa mendaftarkan diri mereka dan mulai menggunakan layanan dApp apapun yang diumumkan hari ini, atau layanan lain yang akan menjadi bagian ekosistem LINK, agar bisa mulai mendapatkan koin universal LINK Point (untuk wilayah Jepang) atau LINK (untuk pasar di luar Jepang)*4.

    Jumlah koin yang nantinya diterima tergantung pada penggunaan atau tingkat kontribusi yang dilakukan para pengguna pada setiap layanan. Selain itu, LINE pun sedang mempersiapkan perilisan kit pengembangan sebagai persiapan masuknya layanan pihak ketiga yang akan bergabung dengan ekosistem LINK mulai tahun 2019 (masih tentatif). Kit pengembangan ini nantinya akan memungkinkan penyedia layanan untuk mengimplementasikan ekonomi token tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan uang membangun jaringan blockchain dan ekonomi token mereka sendiri.

    * 3: Ekonomi Token merupakan jenis layanan ekonomi, berpusat pada token unik yang diterbitkan dan diedarkan secara internal.

    ?* 4: LINK Point (untuk wilayah Jepang) dan LINK (untuk pasar di luar Jepang) akan diluncurkan oleh LINE Tech Plus Corporation.

    LINK Point (untuk wilayah Jepang) mulai Oktober 2018 dapat ditukar menjadi LINE Points; Digital Token milik LINE, LINK (untuk pasar luar Jepang) tersedia di bursa aset digital BITBOX pada 16 Oktober 2018 (kecuali untuk Jepang dan AS).

    Selain dapat digunakan untuk layanan-layanan dApp yang lain dalam ekosistem LINK, penduduk di wilayah Jepang dapat menukarkan LINK Points dengan LINE Points sebelum menukarkannya ke dalam mata uang Yen yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di lebih dari 94 ribu lokasi di seluruh Jepang dengan LINE Pay, atau melakukan pembelian di berbagai layanan LINE.

    Untuk pengguna yang berada di luar Jepang, LINK pun akan tersedia di platform BITBOX mulai 16 Oktober mendatang. Setelah itu, pengguna dapat menggunakan LINK sebagai alat tukar untuk kepentingan jual beli yang diperoleh sebagai insentif mata uang kripto lainnya di BITBOX. Sejak peluncuran layanannya pada Juli 2018 lalu, BITBOX memiliki pertumbuhan yang pesat sebagai salah satu layanan global dari sepuluh volume perdagangan tertinggi dunia. BITBOX pun sempat menempati peringkat kedua*5.

    *5: Kalkulasi berdasarkan pada website peringkat token digital, CoinGecko (https://www.coingecko.com/)

    LINK SCAN diluncurkan untuk memberikan jaminan transparansi

    LINK Chain, sebuah jaringan blockchain yang dikembangkan oleh LINE secara internal, merupakan MainNet dari Ekonomi Token LINE. Teknologi blockchain sangat aman dan dapat dipercaya karena mekanisme unik yang menyimpan data di “chains” sehingga akan sangat sulit untuk dibajak atau rusak. Terdaftarnya LINK Point (untuk wilayah Jepang) dan token digital LINK (untuk wilayah di luar Jepang) di LINK Chain memungkinkan para pengguna memperoleh insentif melalui proporsi yang sesuai dengan kontribusi mereka serta akan mendapatkan jaminan transparasi.

    LINE memperkenalkan LINK Scan, sebuah layanan yang menjamin transparasi koin-koin LINE sehingga mereka dapat melihat jumlah total LINK Point dan LINK yang didapatkan sebagai insentif sesuai dengan kontribusi yang mereka berikan. Melalui program hadiah poin yang biasa dan layanan-layanan terpusat lainnya, penyedia layanan menentukan rincian program reward sebagai administrator pusat, dan hal-hal yang berkaitan dengan reward sering kali dirahasiakan kepada pengguna.

    Di sisi lain, LINK SCAN yang dikembangkan dengan LINK Chain dapat memproses sejumlah besar transaksi dengan sangat cepat yang memungkinkan pengguna untuk membaca ulasan yang ditulis oleh rekan dan penyedia layanan dApp. Berkat hal ini semua transaksi pengguna dapat diverifikasi. Selain itu, LINK SCAN pun mampu menjamin ketepatan dan transparansi sekaligus mencegah manipulasi data serta kesalahan lainnya pada saat yang bersamaan.

    LINK Ecosystem menjadi solusi masalah blockchain

    Ekonomi Token LINE fokus menyediakan layanan dApp yang berkualitas bagi pengguna, menjamin kepuasan pengguna LINK Point dan LINK, dan menutup jarak antara dunia nyata dan dunia terenkripsi. Meskipun sebagian besar layanan dan konten dibiayai oleh ICO dan diluncurkan di dalam domain blockchain, pada umumnya pasar ini sendiri masih kurang memiliki layanan berkualitas bagi pengguna.

    Ekonomi Token LINE hadir sebagai solusi untuk menangani masalah ini dengan menggabungkan berbagai layanan berkualitas tinggi yang ditawarkan oleh LINK Ecosystem sehingga pengguna dapat memeroleh akses cepat dan mudah ke layanan terbaik. LINE juga akan menggunakan teknologi blockchain miliknya untuk menawarkan layanan yang nyaman bagi pengguna, dan membangun serta memperluas mekanisme yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan nilai lebih.????

    Lima layanan baru dApps bergabung dengan ekosistem LINK dalam berbagai kategori, termasuk prediksi dan Q&A

    Secara bertahap, LINE akan merilis layanan-layanan dApp (yang didirikan di jaringan blockchain LINK Chain (MainNet)) yang bisa dinikmati dengan menggunakan koin universal dari LINE, LINE Point (untuk wilayah Jepang). Teknologi blockchain sendiri saat ini tengah menjadi objek berbagai penelitian untuk membuktikan keabsahan konsepnya untuk berbagai perusahaan di seluruh dunia. Teknologi ini sangat berpotensial untuk mengubah dunia secara drastis. Mayoritas layanan-layanan yang ada saat ini memiliki admin terpusat untuk mengatur dan menjalankan layanannya, sistem ini seringkali hanya menjadi sebuah kotak hitam dan layanannya menjadi tidak bisa diakses saat server milik perusahaan bersangkutan rusak.

    Layanan dApp bisa menjadi solusi untuk permasalahan ini dengan mendesentralisasi operasinya melalui teknologi blockchain sehingga aplikasi bersangkutan dapat diatur oleh seluruh jaringan ketimbang satu server saja. Lebih jauh lagi, teknologi blockchain memungkinkan operasi terbuka, dan menyelesaikan masalah seperti kurangnya transparansi dan perubahan yang kerap dihadapi oleh aplikasi-aplikasi saat ini. Teknologi ini pun dapat memberikan transparansi dan keamanan yang jauh lebih baik. Melalui ketentuan layanan-layanan dApp, LINE bertujuan untuk membangun dan mengembangkan dunia co-creative di mana berbagai aksi pengguna di Ekonomi Token LINE akan menerima hadiah yang sesuai sehingga mereka bisa berkontribusi lebih banyak untuk pertumbuhan layanan ini.

    Untuk mencapai tujuan ini, LINE mengembangkan layanan-layanan dApp di sejumlah kategori, yakni prediksi, berbagi wawasan, ulasan produk, ulasan makanan, dan ulasan lokasi. Dua dApps, layanan prediksi 4CAST dan platform berbagi wawasan Wizball, diluncurkan pada September ini dalam bentuk beta yang menyediakan pengalaman pertama terhadap ekosistem LINK ke sejumlah pengguna terbatas.

    1. Sekilas Tentang Wizball

    Wizball merupakan platform Q&A untuk berbagi wawasan atau pengetahuan. Layanan ini dikembangkan dengan menggunakan teknologi blockchain LINE (LINK Chain) secara internal. Wizball bertujuan untuk mendorong pengguna untuk menciptakan ekosistem berbagi informasi yang lebih baik secara bersama-sama dengan menghadiahi anggota komunitas yang membantu untuk meningkatkan kualitas dan menyebarkan nilai layanan ini.

    Versi beta: https://wizball.io (hanya untuk wilayah Jepang)

    2. Sekilas Tentang 4CAST

    4CAST merupakan platform yang memungkinkan pengguna di dalam sebuah komunitas memprediksi berbagai hasil di masa yang akan datang. Akurasi prediksinya akan bertambah baik saat anggota komunitas melakukan prediksi berdasarkan wawasan dan kebijaksanaan mereka. Pengguna yang berkontribusi terhadap kualitas layanan ini akan dihadiahi dengan LINK Points).

    Versi beta: https://wizball.io (hanya untuk wilayah Jepang; hanya untuk smartphones)

    3. Sekilas Tentang Pasha (untuk dirilis tahun 2018)

    Pasha memungkinkan pengguna untuk menulis ulasan dan mencari produk dengan menggunakan foto. Secara mudah pengguna bisa mengambil foto dari produk yang mereka inginkan dan mencarinya di database di dalam Pasha yang bersumber dari pengguna yang menerima insentif saat mengunggah informasi, menulis ulasan, atau melakukan hal lain yang bermanfaat.

    4. Sekilas Tentang TAPAS (untuk dirilis tahun 2018)

    TAPAS merupakan platform layanan untuk mengulas makanan yang menyediakan pengguna dengan informasi tempat makan di seluruh Jepang. Layanan ini memungkinkan ketepatan ulasan dengan meminta pengguna memindai struk tagihan dari sebuah tempat makan sebelum mereka mampu mengunggah informasi, menulis ulasan, memberikan rating, atau hal lainnya. Lebih jauh lagi, informasi lain seperti rincian lokasi dan apa yang dipesan oleh pengulas akan tersimpan secara otomatis saat pengulas memindai struk mereka.

    5. Sekilas Tentang STEP (TBC) (untuk dirilis tahun 2018)

    STEP merupakan platform media sosial bagi pengguna untuk berbagi kisah liburan mereka. Pengguna bisa menambahkan informasi lokasi secara mudah dan men-tag teman-temannya saat mengunggah foto liburan atau perjalanan mereka untuk membuat buku kenangan. Selanjutnya, mereka bisa mempublikasikan status buku ini ke publik agar dapat menerima insentif jika views dari buku mereka meningkat dan ulasannya bertambah baik.



    Komentar Pembaca: