Mulai Sekarang Susah Curi Foto di Google Images

    Jumat, 16 Februari 2018 - 21:16 Editor : Redaksi Dibaca : 176 Views

    Menit.co.idGoogle membuat perubahan pada Google Images untuk menekan pencurian foto dari hasil pencarian. Pengumuman perubahan itu disampaikan perusahaan digital raksasa itu di akun Twitternya, Jumat 16 Februari 2018.

    Perubahan itu dimaksudkan untuk mencegah pencurian atau pelanggan hak cipta foto yang ditampilkan di Google Images.

    Dalam perubahannya, Google mengumumkan mereka menghapus tombol ‘view image’ dari halaman pencarian gambar. Langkah ini dalam rangka menekan pelanggaran hak cipta gambar yang ditampilkan Google.

    Sebelumnya dengan mengklik ‘view image’, pengguna, fotografer atau penerbit bisa mengakses gambar yang dimaksud versi resolusi tinggi tanpa mengunjungi situs sumber gambar tersebut.

    Dikutip dari Mashable, meski tombol ‘view image’ dihapus, pengguna masih bisa melihat foto incaran dengan mengunjungi sumber yang menampilkan gambar tersebut. Masih ada tombol ‘visit’, yang memungkinkan pengguna bisa melihat lebih detail gambar yang diinginkan.

    Penghapusan tombol ‘view image’ itu dilakukan setelah Google menjalin kemitraan global tahun jamak bersama dengan Getty Images.

    Pada 2016, Getty Images mengajukan komplain ke Google karena Google dituding mempraktikkan antikompetisi dalam Google Images. Getty menuduh Google mendistorsi hasil pencarian dengan memprioritaskan layanan gambar miliknya, sehingga mempersempit pengguna untuk mengakses gambar di Getty Images.

    “Karena konsumsi gambar (di Google Images) dilakukan seketika, maka begitu gambar ditampilkan dalam resolusi tinggi dan besar, hanya ada sedikit yang melihat gambar di situs aslinya,” tulis Getty dalam pernyataannya.

    (Viva)



    Komentar Pembaca: