Saat Akun Instagram Milik Ustadz Abdul Somad Menghilang

    Senin, 26 Februari 2018 - 20:15 Editor : Redaksi Dibaca : 271 Views

    Menit.co.id – Berawal dari unggahan Instagram Ridwan Kamil dengan latar capture gambar Ustad Abdul Somad yang tengah berdakwah. Kemudian, di dalam caption gambar tersebut, Ridwan Kamil menuliskan alasan Instagram menonaktifkan akun Ustad Abdul Somad.

    Padahal menurutnya, konten dakwah yang disajikannya sangat mencerahkan bagi banyak orang dan dirinya. Maka itu, ia berharap agar Instagram membuka akses akun milik pemuka agama tersebut.

    “Dear @instagram, what is the reason you shutting down the account of @ustadzabdulsomad ? I think and testify that the content is always positive. Many people including myself learn positive content related to Islamic issues. Kindly the team of @instagram reopen that @ustadzabdulsomad account. warm regards,” tulis Ridwan Kamil.

    Kabar itu pun langsung menjadi viral. Sukamta, anggota Komisi I DPR RI, pun ikut berkomentar. Sekretaris Fraksi PKS ini mengatakan telah melakukan komunikasi dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara untuk mendesak Instagram membuka akun Ustad Abdul Somad.

    “Perlu juga diusut kenapa akun Instagram seorang ustaz disuspend, padahal tidak ada alasan yang kuat bagi Instagram untuk melakukan itu, karena selama ini akun Instagram ustaz Abdul Somad berisi hal-hal positif, membuka wawasan dan ilmu agama bagi masyarakat luas,” kata melalui pesan singkat, Minggu (25/2).

    Menurutnya, di era digital dan media sosial seperti sekarang ini, lebih ditantang untuk bisa hidup berdemokrasi. Setiap warganet memiliki hak untuk bersuara yang sekarang dapat dengan mudah dilakukan lewat media sosial.

    Namun kebebasan ini tentunya dibatasi oleh peraturan perundang-undangan, kebebasan yang bertanggung jawab. Karena itu tindakan membungkam hak kebebasan seseorang hanya karena beda pendapat dengan kita, sudah ketinggalan zaman.

    “Jangan sampai tindakan Instagram men-suspend akun beliau menimbulkan gejolak di masyarakat sehingga menimbulkan dampak negatif yang tidak perlu,” ungkapnya.

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) sendiri dikabarkan telah melakukan koordinasi dengan pihak Instagram untuk mengembalikan akses akun milik Ustad Abdul Somad.

    Berdasarkan pantauan Merdeka.com, akun Ustad Abdul Somad kini telah kembali seperti semula. Artinya, akun miliknya sudah bisa diakses. Atas hal itu, warganet pun turut berkomentar terkait akses akun Instagram Ustad Abdul Somad kembali bisa diakses.

    “Alhamdulillah Ustadz akun nya bisa balik lagi,” ujar @awand_bagaskoro. “Alhaldumillah udh balik akunnya,” tulis@afifvvbs.

    (mdk/mdk)



    Komentar Pembaca: