Smartfren Klaim Kecepatan Layanan Data Jadi Tren Konsumen Memilih Operator

    Kamis, 16 Agustus 2018 - 12:14 Editor : Redaksi Dibaca : 74 Views

    Menit.co.id PT Smartfren Telecom Tbk melakukan langkah peningkatan teknologi jaringan dengan meluncurkan 4G+. Langkah peningkatan teknologi terbaru ini, juga diselaraskan dengan peningkatan infrastruktur.

    VP Technology Relations and Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo mengatakan, dengan jaringan 4G+ ini, pelanggan dapat merasakan kecepatan koneksi hingga 198Mbps.

    “Kami terus berkomitmen menghadirkan pengalaman komunikasi yang berbeda bagi para pelanggan. Dari sisi teknologi, Smartfren telah mengadopsi sistem koneksi jaringan yang paling mutakhir,” ujar Munir di acara pemaparan uji jaringan 4G+ di Westlake Hotel, Yogyakarta, Rabu (15/8).

    Munir mengatakan, kelebihan dari teknologi 4G+ ini terletak pada kecanggihan sistem operasional yang mampu secara real time mengatur situasi dan kondisi jaringan untuk memberikan best effort pada aliran traffic data.

    “Sehingga, tren konsumen yang mengutamakan kecepatan layanan data, akan merasakan kualitas yang lebih baik dan nyaman saat menggunakannya,” tambahnya.

    Menurut Munir, teknologi tambahan pada 4G+ antara lain adalah, implementasi massive Carrier Aggregations (CA), Multi Input Multi Output Antenna (MiMo), Quadratur Amplitude Modulations (QAM) dan Beam Forming (8T8R).

    Seluruh teknologi tambahan ini, berfungsi meningkatkan kecepatan dan stabilitas trafik data 4G LTE dengan teknologi penggabungan kanal frekuensi secara dinamis.

    “Adapun fungsi lainnya dari teknologi tambahan ini, memperbanyak Input-Output (I/O) gate pada tiap BTS dan pengaturan transportasi paket data secara lebih efektif dan efisien,” jelasnya.

    Munir menambahkan, teknologi tambahan yang diterapkan oleh pihaknya sejatinya merupakan standar bagi koneksi 5G.

    “Namun, kami belum berani mengklaim sebagai 5G karena belum semua syarat terpenuhi. Koneksi 5G sendiri setidaknya memiliki syarat minimal harus mampu menyediakan koneksi kecepatan download dan upload di kisaran 1Gbps hingga 10Gbps. Sementara, kami sendiri baru 198 Mbps,” pungkasnya.

    Sumber: BeritaSatu.com



    Komentar Pembaca: