Tips Amankan Data Facebook Tanpa Harus Hapus Akun

    Kamis, 22 Maret 2018 - 14:44 Editor : Redaksi Dibaca : 742 Views

    Menit.co.id Facebook saat ini tengah menghadapi isu penyalahgunaan data 50 juta pengguna Facebook oleh Cambridge Analytica (CA). Kampanye #DeleteFacebook di media sosial pun telah digelorakan.

    ‘Warga’ Facebook khawatir data mereka akan diperjualbelikan tanpa sepengetahuan para pengguna. Namun sebenarnya, tak perlu menghapus akun jika ingin data enyah sepenuhnya dari jejaring sosial tersebut.

    Electronic Frontier Foundation, pengawas privasi data Amerika, mengatakan pihak ketiga tidak seperti CA, yang melakukan pelanggaran data privasi. 

    Organisasi itu mengatakan pengguna dapat membatasi aksi Facebook yang mengumpulkan informasi pemakainya. Pengguna dapat mengamankan data tanpa menghapus akun Facebook miliknya.

    “Jangan salah, ini bukan penerobosan data. Ini persis bagaimana infrastruktur Facebook dirancang untuk bekerja,” demikian terang lembaga itu, Rabu (21/3).

    Atur aplikasi yang terhubung dengan Facebook

    Pengguna tidak akan dapat masuk ke situs-situs tersebut menggunakan single  sign on Facebook.

    Jika pengguna ingin melakukannya, maka mereka harus menghentikan aliran data melalui Application Programming Interface (API) Facebook. Hal itu sangat mungkin dilakukan meski pengguna akan menonaktifkan semua aplikasi platform (termasuk layanan Farmville, Twitter, dan Instagram) melalui Facebook.

    Caranya adalah dengan mengakses halaman Pengaturan Aplikasi, atau secara manual melalui Menu Pengaturan > lanjut ke Aplikasi > pilih Aplikasi, Situs Web, dan Plugin > Edit > lalu klik Nonaktifkan Platform.

    Atur aplikasi yang terhubung dengan Facebook

    Jika cara tersebut nampaknya agak terlalu berlebihan, Facebook memberikan pengguna pilihan untuk membatasi jumlah informasi pribadi yang dapat diakses oleh aplikasi teman.

    Dari halaman yang sama seperti sebelumnya, tekan Edit di bawah Aplikasi yang Digunakan orang lain. Kemudian hapus centang jenis informasi yang tidak ingin dibagikan di aplikasi orang lain.

    Sementara itu sebelumnya penyalahgunaan data 50 juta pengguna Facebook oleh Cambridge Analytica menjadi salah satu kasus penyalahgunaan data terbesar yang terjadi saat ini. CA mengumpulkan data dari mulai identitas pengguna, jaringan pertemanan hingga ‘like‘ pengguna di Facebook.

    Data tersebut digunakan untuk memetakan kepribadian berdasarkan apa yang orang suka di Facebook, dan kemudian menggunakan informasi tersebut untuk menargetkan pemirsa dengan iklan digital, demikian diberitakan Express.

    Batasi Berbagi Informasi Pribadi

    Pengaturan ini akan membatasi siapa dan informasi apa yang bisa diakses orang lain atau aplikasi lain dari akun Facebook kita.

    Caranya dengan mengklik pengaturan berikut secara berturut-turut, Pengaturan > Privasi

    Mulailah memberikan pengaturan siapa saja yang bisa melakukan akses data pribadi Anda dari berbagai pilihan yang ada di mode pengaturan ini.

    Ada juga pilihan agar akun Facebook pengguna tidak terlacak oleh mesin pencari, juga apakah memperbolehkan orang lain mencari akun Facebook Anda menggunakan nomor telepon atau alamat surel.

    Matikan Layanan Lokasi

    Data lokasi adalah data yang sensitif. Maka, hati-hati jika membagikan data lokasi dengan aplikasi pihak ketiga yang dihubungkan dengan Facebook.

    Sebab, perusahaan lain jadi bisa menuntit dimana pengguna berada, asal pengguna, melacak perjalanan, restoran atau tempat lain yang sering dikunjungi.

    Data ini akan berguna untuk pengiklan dan menjadi jebakan bagi pengguna yang tak paham bahwa salah satu aplikasi yang dihubungkan ke Facebook bisa mendapat data ini.

    Untuk mematikannya, Pilih Pengaturan > Umum > Lokasi > Matikan

    Cara matikan fitur lokasi di Facebook (Screenshot via facebook)

    Jika tetap ingin memberikan tag lokasi, fitur lokasi juga bisa dinyalakan hanya ketika dibutuhkan. Cukup pastikan jangan membiarkan fitur ini menyala terus menerus.

    Batasi Penulisan Data Pribadi 

    Langkah terakhir adalah membatasi hal-hal yang ditulis di profil pribadi Anda. Berbagai informasi yang sudah ditulis di Facebook sebelumnya bisa dihapus atau diubah agar hanya bisa dilihat oleh pengguna sendiri.

    Hanya nama, tanggal ulang tahun, dan jenis kelamin yang harus tetap diisi dan bisa dilihat oleh orang lain.

    Jika tak ingin terganggu dengan iklan, pengguna juga bisa mengatur iklan yang tampil di Facebook dengan pengaturan di tautan berikut, seperti disebutkan The Verge.

    (cnn/cnn)



    Komentar Pembaca: