Selena Gomez, Inilah Perjalanan Karirnya

Selena Gomez

MENIT.CO.ID – Siapa yang tak kenal dengan Selena Marie Gomez? Selena Gomez adalah seorang aktris, penyanyi, dan produser yang lahir pada 22 Juli 1992 di Grand Prairie, Texas, Amerika Serikat (AS).

Selena Marie Gomez, tumbuh besar di pinggiran Kota Dallas, AS. Terinspirasi dari sang ibu yang merupakan aktris amatir, Gomez mencoba peran di serial televisi anak-anak Barney & Friends.

Berkat keberhasilan berperan, Gomez tampil secara teratur di serial anak-anak tersebut. Selain itu, sambil membintangi serial tersebut, ia memulai debut layar lebarnya dalam film keluarga Spy Kids 3-D: Game Over pada 2003.

Kemudian, Gomez mengikuti audisi Disney Channel yang membawanya tampil di serial The Suite Life of Zack and Cody. Ia juga berperan dalam sitkom Disney berjudul Wizards of Waverly Place.

Tidak puas tampil dalam cakupan Disney, ia mulai merambah untuk berakting dalam film lebih besar dan memberikan suaranya untuk fitur animasi.

Ia berhasil mendapatkan peran utamanya melalui film teater Ramona and Beezus pada 2010. Setelah itu, ia semakin sering membintangi film dan serial lainnya, seperti Spring Breakers (2012), Rudderless (2014), dan Neighbors 2: Sorority Rising (2016).

Sementara itu, suara Gomez juga hadir dalam beberapa karakter film, di antaranya Hotel Transylvania (2012) dan sekuelnya (2015, 2018) serta Dolittle (2020), seperti terangkum dalam Britannica.

Usai terjun dalam dunia perfilman, Gomez berkelana ke dunia musik sebagai wanita depan Selena Gomez & the Scene, sebuah band pop yang dipengaruhi instrumen musik elektronik.

Grup ini merilis album Kiss & Tell (2009), A Year Without Rain (2010), dan When the Sun Goes Down (2011). Setelah merilis album terakhir, ia mengumumkan perpisahannya dengan grup musik tersebut pada 2012.

Perjalanan Karir Selena Gomez

Kemudian, ia memilih untuk bersolo karier sebagai seorang penyanyi dan berhasil membuat namanya mengudara di dunia sebagai penyanyi.

Adapun, beberapa album yang pernah dirilisnya, antara lain Stars Dance (2013), Revival (2015), dan Rare (2020). Album terakhir yang baru dirilis tersebut menghasilkan lagu balada hit berjudul Lose You to Love Me.

Saat Gomez beralih ke masa dewasa, popularitasnya tidak diragukan lagi dan semakin meroket lantaran menjalin hubungan romantis dengan penyanyi ternama Justin Bieber.

Ia juga juga dikenal karena pekerjaan filantropis yang sebagian besar dicapai melalui UNICEF. Melalui pekerjaan itu, pada 2009, UNICEF menunjuknya sebagai duta besar niat baik.

Pada 2015, ia mengungkapkan bahwa dirinya telah didiagnosis menderita lupus. Akibat komplikasi penyakit tersebut, ia menjalani transplantasi ginjal pada 2017.

Selama melakukan perawatan penyakit tersebut, ia mengaku dirinya mengalami depresi dan kecemasan. Selain itu, pada 2020, ia didiagnosis mengalami gangguan bipolar.

Pada film dokumenter Selena Gomez: My Mind and Me yang tayang pada 2022, ia membahas kesehatan mentalnya dan perjuangannya dengan popularitasnya.

Berdasarkan euronews, Gomez telah menjadi perempuan pertama yang mencapai 400 juta pengikut di Instagram terhitung sejak 2023.

Angka tersebut dicapai dalam kurun waktu kurang dari satu bulan dan berhasil menyalip posisi Kylie Jenner sebagai perempuan yang paling banyak diikuti di Instagram.

Pencapaian itu datang ketika Gomez menggunggah di Instagram sebuah cerita pembelaannya terhadap remaja Iran yang “berani” ditahan dan dipaksa bertobat di depan umum usai menari dengan lagunya Calm Down melalui TikTok.

Selena Gomez menjadi orang ketiga yang paling banyak diikuti di Instagram setelah pemain sepak bola Cristiano Ronaldo dengan 563 juta pengikut dan Lionel Messi, dengan 442 juta pengikut.

Namun, pencapaian tersebut tidak membuat Gomez besar kepala lantaran itu semua juga dilakukan karena bantuan penggemarnya.