Akira Toriyama, Pencipta Dragon Ball, Meninggal Dunia di Usia 68 Tahun

Pencipta Dragon Ball Akira Toriyama Meninggal

MENIT.CO.ID – Dunia manga berduka atas kepergian Akira Toriyama, pencipta Dragon Ball, yang meninggal dunia pada usia 68 tahun.

Kabar duka ini diumumkan oleh Bird Studio, studio produksi manga dan desain milik Toriyama, pada akun media sosial Dragon Ball Z.

Toriyama dikabarkan meninggal pada tanggal 1 Maret 2024 karena subdural hematoma akut. Kematiannya meninggalkan lubang besar di dunia manga, terlebih karena masih banyak karya yang ingin dia selesaikan.

Meskipun begitu, Toriyama telah meninggalkan warisan yang luar biasa dalam bentuk manga dan karya seni yang tak terhitung jumlahnya.

Dragon Ball, salah satu karyanya yang paling terkenal, telah menjadi salah satu judul manga terlaris dan paling berpengaruh sepanjang masa.

Manga ini telah menginspirasi banyak komikus Jepang populer lainnya, seperti Eiichiro Oda (One Piece), Tite Kubo (Bleach), dan Masashi Kishimoto (Naruto).

Selain manga, Toriyama juga berkontribusi dalam industri game dengan menjadi desainer karakter untuk game Dragon Quest.

Dia juga berkolaborasi dengan Yuji Horii (pencipta Dragon Quest) dan Hironobu Sakaguchi (pencipta Final Fantasy) untuk menciptakan game Chrono Trigger, yang dianggap sebagai salah satu game terbaik yang pernah dibuat.

Kepergian Akira Toriyama adalah kehilangan besar bagi dunia manga dan game. Karyanya akan selalu dikenang dan digemari oleh para penggemarnya di seluruh dunia.

Siapa Akira Toriyama?

Akira Toriyama adalah seorang legenda di dunia manga dan anime. Lahir pada 5 April 1955 di Nagoya, Jepang, karyanya telah menghibur jutaan pembaca di seluruh dunia. Namun kabar duka datang pada awal Maret 2024, dimana Akira Toriyama meninggal dunia pada usia 68 tahun.

Sang Pencipta Dragon Ball

Nama Akira Toriyama identik dengan serial manga legendaris, Dragon Ball. Kisah petualangan Goku, seorang bocah dengan kekuatan luar biasa yang berlatih untuk menjadi pejuang terkuat, mencuri perhatian pembaca sejak awal kemunculannya di majalah Weekly Shonen Jump pada tahun 1984.

Dragon Ball tidak hanya meraih sukses di Jepang, tetapi juga mendunia. Serial ini diadaptasi menjadi anime yang semakin melambungkan popularitasnya.

Lebih dari Sekadar Dragon Ball

Meskipun Dragon Ball adalah karyanya yang paling terkenal, Akira Toriyama telah menghasilkan karya lain yang menarik.

Beberapa diantaranya adalah Dr. Slump, sebuah manga komedi fiksi ilmiah, serta kontribusinya sebagai desainer karakter untuk serial video game RPG populer, Dragon Quest.

Warisan Akira Toriyama

Akira Toriyama diakui sebagai salah satu seniman manga berpengaruh sepanjang masa. Gaya artwork khasnya yang memadukan aksi dan humor telah menginspirasi banyak seniman manga generasi berikutnya.

Karyanya tidak hanya menghibur, tetapi juga menanamkan nilai-nilai persahabatan, kerja keras, dan pantang menyerah.

Meski Akira Toriyama telah tiada, karya-karyanya akan terus dikenang dan dinikmati oleh para penggemar di seluruh dunia.