Badai Matahari 2022, Berikut Sejumlah Fakta Menarik

Pusat Prediksi Cuaca Luar Angkasa(NOAA) mengatakan badai matahari menghantam Bumi sekitar pukul 12 siang pada 14 April 2022.

Badai Matahari 2022

Menit.co.id – Fakta mengenai Badai Matahari 2022, Solar Storm atau Badai Geomagnetik yang menghantam bumi menjadi perbincangan hangat di media.

Pusat Prediksi Cuaca Luar Angkasa(NOAA) mengatakan badai matahari menghantam Bumi sekitar pukul 12 siang pada 14 April 2022.

Badai matahari kali ini adalah salah satu yang terkuat dalam beberapa tahun dan bahkan dapat menyebabkan gangguan pada satelit.

Kemudian, akan mampu mempengaruhi komunikasi radio di daerah kutub, dan bahkan sedikit menurunkan efisiensi dari panel surya.

Menurut NOAA badai ini semakin sering terjadi dan bahkan baru terjadi dua bulan yang lalu. Berikut fakta unik mengenai badai matahari yang baru terjadi:

1. Tingkatan Bahaya Badai Matahari 2022

Menurut NOAA, secara umum, bahaya fisik rendah dan dapat di kendalikan. Bahaya biologis yang melekat pada badai matahari dan geomagnetik berasal dari paparan radiasi, dan menjadi perhatian utama para astronot.

Badai yang ringan dapat mengganggu satelit yang menangani komunikasi GPS. Tetapi badai geomagnetik yang lebih parah dapat meningkatkan tegangan di saluran transmisi yang dapat merusak jaringan transformator dan berpotensi mematikan listrik.

Pemadaman listrik besar-besaran ini pernah terjadi di provinsi Quebec pada tahun 1989.