Cium Jenni Hermoso, Luis Rubiales Mundur Jadi Presiden RFEF

Luis Rubiales

MENIT.CO.ID – Buntut cium Jenni Hermoso, Luis Rubiales mendapat desakan untuk mundur jadi Presiden Asosiasi Sepakbola Spanyol alias RFEF.

Luis Rubiales akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai presiden Asosiasi Sepakbola Spanyol (RFEF) setelah kisruh tentang cium Jenni Hermoso.

Setelah Spanyol mengalahkan Inggris 1-0 untuk menjuarai Piala Dunia 2023 pada akhir pekan kemarin, Luis Rubiales menjadi bagian dari delegasi yang membagikan medali kepada skuad pemenang.

Di tengah perayaan tersebut, Luis Rubiales tertangkap kamera sedang meraih dan cium bibir Jenni Hermoso, tanpa meminta persetujuan darinya.

Kejadian yang disaksikan orang banyak itu memicu kritik keras, dan banyak tokoh sepakbola Spanyol yang mengutuk tindakan Luis Rubiales cium bibir Jenni Hermoso.

Menurut berbagai laporan di Spanyol, Rubiales akan mengundurkan diri dalam waktu 24 jam ke depan, sebagaimana tekanan menjadi terlalu berat untuk ditanggung oleh FA Spanyol.

RFEF sendiri merencanakan pertemuan mendesak untuk membahas perilaku sang presiden. Sementara Hermoso dan serikat pemain Spanyol bersikeras bahwa mereka harus melihat hukuman kepada Rubiales.

Sementara itu, sosok seperti Megan Rapinoe dan Isco, perdana menteri Spanyol, Pedro Sanchez, bahkan turun tangan dan menegaskan bahwa Rubiales harus mengundurkan diri.

Kini dia tampaknya akan melakukan hal tersebut, namun masih harus dilihat apakah Rubiales akan menghadapi hukuman lebih lanjut, dan FIFA akan membuka penyelidikan atas tindakannya.

Kisruh Cium Jenni Hermoso

Pemain Timnas Wanita Spanyol Jennifer Hermoso membantah dirinya bersedia dicium Presiden RFEF Luis Rubiales. Rubiales lah yang berinisiati tanpa meminta izin.

Rubiales lagi jadi sorotan setelah aksi tak senonohnya di panggung perayaan gelar juara Piala Dunia Wanita 2023 pekan lalu. Dia secara tiba-tiba mencium Jenni Hermoso di atas panggung.

Tidak cuma itu, Rubiales juga melakukan selebrasi memalukan di depan keluargaan Kerajaan Spanyol. Aksi Rubiales itu lantas dikecam habis-habisan yang membuat dia dituntut mundur dari jabatannya.

FIFA bahkan sudah melakukan investigasi atas tindakan Rubiales tersebut. Meski demikian, Rubiales bersikukuh tidak mau mundur dan merasa tindakannya itu tidak mencederai apapun.

Bahkan dia mengklaim kalau aksi ciumannya dengan Hermoso sudah atas dasar persetujuan dan merupakan wujud perayaan kemenangan Spanyol atas Inggris.

Hermoso angkat bicara dengan membantah pernyataan Rubiales tersebut. Saat itu Rubiales sama sekali tidak meminta izin kepadanya.

“Saya ingin mengklarifikasi bahwa saya tidak pernah mengizinkan dia mencium saya dan saya juga tidak berniat untuk menggendong presiden,” ujar Hermoso seperti dikutip Futpro.

“Jangan ragukan pernyataan saya ini dan jangan coba-coba memutarbalikkan kata-kata saya ini.”

Jennifer Hermoso dan sebagian besar pemain memboikot untuk tampil di Timnas Wanita Spanyol sampai Rubiales mengundurkan diri.