Cara Mengenali Teknologi Deepfake Video

Deepfake Video

Menit.co.id – Deepfake video sekarang ini menjadi ancaman nyata bagi seluruh manusia di bumi ini. Baru-baru ini kajadian menimpa Nagita Slavina.

Baru-baru ini internet di hebohkan oleh video palsu yang di duga mirip dengan Nagita Slavina. Video tersebut merupakan bukti deepfake semakin nyata.

Deepfake menggunakan bentuk kecerdasan buatan yang di sebut deep learning untuk membuat gambar peristiwa palsu, oleh karena itu di namakan deepfake.

Pada dasarnya, teknologi deepfake di gunakan dalam proses produksi industri film professional untuk kembali menghadirkan tokoh film yang tak lagi hidup.

Seperti dalam film Rogue One: A Star Wars Story. Yang kembali menghadirkan sosok Peter Cushing secara digital.

Perusahaan AI Deeptrace menemukan 15.000 video deepfake online pada September 2019 dan kian meningkat hampir dua kali lipat selama sembilan bulan.

Namun dalam praktiknya, banyak oknum deepfake yang menyalah gunakan kemampuannya tersebut dengan memproduksi video-video tak bertanggung jawab.

Mengutip dari The Guardian, Selasa (18/1/2022), Danielle Citron, seorang profesor hukum di Universitas Boston mengatakan, “Teknologi palsu sedang di persenjatai untuk melawan wanita.”