Halloween Itaewon Korea Selatan, 151 Orang Mati Sia-sia

Halloween Itaewon

Menit.co.id Halloween Itaewon Korea Selatan berakhir menjadi duka. Sebanyak 151 orang mata sia-sia dari perayaan Halloween Day di Itaewon Korea Selatan.

Kantor berita AFP menunjukkan sejumlah jenazah tergeletak di trotoar dengan penutup kain. Sebanyak 151 orang mati sia-sia di perayaan Halloween Day di Itaewon.

Sementara petugas layanan darurat yang mengenakan rompi oranye terus mengangkut jasad korban tewas dengan tandu ke dalam ambulans.

BBC juga melaporkan video dari distrik Itaewon di Seoul menunjukkan kantong-kantong jenazah berjejer di jalanan.

Petugas layanan darurat melakukan CPR, dan kru penyelamat lainnya mencoba menarik korban yang tertindih orang lain.

Halloween Itaewon Jadi Sejarah Buruk Korea Selatan

Halloween di Itaewon ini termasuk insiden massal terburuk di Korea Selatan. Sebelumnya, kapal feri yang tenggelam pada 2014 menewaskan 304 orang terutama siswa sekolah menengah.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol mengumumkan masa berkabung nasional pada Minggu (30/10/2022), dengan berjanji pemerintah akan membayar perawatan medis bagi korban luka dan menanggung biaya pemakaman korban meninggal.

Untuk merayakan Halloween pada Sabtu (29/10/2022) malam, AFP melaprokan, ada 100.000 orang memadati gang gang-gang sempit di jalanan Itaewon.

Sebagian besar korban tewas di tragedi Halloween Itaewon adalah remaja berusia 20-an tahun dan dewasa muda, dikutip dari Reuters.

“(Pemerintah) akan menyelidiki secara menyeluruh penyebab insiden itu dan membuat perbaikan mendasar untuk memastikan kecelakaan yang sama tidak terjadi lagi di masa depan,” ujar Presiden Korsel Yoon Suk-yeol.

“Hati saya berat dan sulit untuk menahan kesedihan,” tambahnya. Para saksi mata menggambarkan detik-detik tragedi Halloween Itaewon, ketika orang-orang berebut untuk keluar dari kerumunan yang terhimpit satu sama lain.

Paramedis kewalahan oleh jumlah korban dan meminta orang-orang yang sedang melintas untuk memberi pertolongan pertama.

“Ada begitu banyak orang yang didorong dan saya terjebak di antara kerumunan dan saya awalnya tidak bisa keluar juga,” kata saksi bernama Jeon Ga-eul (30) kepada AFP. “Saya merasa seperti kecelakaan pasti akan terjadi.”

Pemadam kebakaran Korsel mengungkapkan bahwa sedikitnya 151 orang, termasuk 19 orang asing, tewas dalam insiden massal yang terjadi pada Sabtu sekitar pukul 10 malam waktu setempat ini.

Adapun Kementerian Dalam Negeri Korea Selatan menyampaikan, 150 korban lainnya luka-luka.

“Jumlah korban yang tinggi akibat dari banyak orang terinjak-injak selama acara Halloween,” kata petugas pemadam kebakaran Choi Seong-beom kepada wartawan di tempat kejadian pada Minggu pagi,.

Jumlah korban tewas bisa bertambah. Pihak berwenang Seoul menambahkan, mereka juga menerima 355 laporan orang hilang pada Minggu (30/10/2022) pagi dalam tragedi Halloween Itaewon.