Inggris Selidiki Bocornya Video Matt Hancock Cium Gina Coladangelo

  • Bagikan
CCTV Sengaja Berbelok ke Pintu Matt Hancock Cium Gina Coladangelo
Video Matt Hancock Cium Gina Coladangelo

Menit.co.id – Kementerian Kesehatan Inggris akan menyelidiki bagaimana rekaman mantan menteri Matt Hancock mencium dan memeluk rekan kerjanya Gina Coladangelo bisa dipublikasikan media media.

Bocornya video itu membuat Matt Hancock mengundurkan diri karena dinilai melanggar protokol kesehatan (prokel) karena tidak menjaga jarak sosial.

Perihal penyelidikan ini disampaikan Menteri Irlandia Utara, Brandon Lewis pada Minggu (27/6).

“Ini adalah masalah yang saya ketahui departemen kesehatan akan menyelidiki untuk mengetahui dengan tepat bagaimana rekaman itu keluar dari sistem,” katanya kepada Sky News.

Lewis menambahkan, kementerian akan meluncurkan penyelidikan internal.

“Apa yang dilakukan Matt salah, dia mengakui itu, itu sebabnya dia langsung meminta maaf atas perilakunya dan mengakui apa yang dia lakukan itu salah dan pada akhirnya mengapa dia mengambil keputusan bahwa posisinya tidak dapat dipertahankan dan mengalihkan perhatian dari pekerjaan yang lebih luas yang harus kita semua lakukan untuk keluar dari pandemi,” paparnya, seperti dilansir Al Arabiya.

Dikutip dari BBC, Minggu (27/6), desakan agar Hancock mengundurkan diri meningkat, setelah The Sun mempublikasikan Matt Hancock dan Gina Coladangelo, yang masing-masing telah menikah dengan dua anak, berciuman. Koran tersebut mengatakan foto itu diambil di dalam Departemen Kesehatan pada 6 Mei.

Beberapa koran melaporkan Hancock telah berpisah dengan istrinya, Martha setelah menikah selama 15 tahun. BBC mengetahui laporan tersebut akurat.

Editor politik BBC, Laura Kuenssberg, mengatakan Kantor PM Inggris menekankan pengunduran diri itu adalah keputusan Hancock dan tidak didesak PM Boris Johnson. Dia menambahkan, Gina Coladangelo juga mengundurkan diri sebagai direktur non eksekutif di Departemen Kesehatan.

Dalam sebuah video yang diunggah di Twitter, Hancock mengatakan: “Saya telah bertemu perdana menteri untuk mengundurkan diri sebagai menteri kesehatan dan perlindungan sosial.”

“Saya mengerti besarnya pengorbanan yang telah dibuat semua orang di negara ini, yang telah kalian buat, dan kami yang membuat aturan ini harus mematuhinya dan itulah mengapa saya harus mengundurkan diri.”

Dalam surat pengunduran dirinya, Hancock yang menjabat sebagai menteri kesehatan selama tiga tahun, menegaskan kembali permintaan maafnya karena “melanggar pedoman” dan meminta maaf kepada keluarga dan orang-orang yang dicintainya.

  • Bagikan