Kasus Lee Sun Kyun Berbutut Polisi dan Media Diselediki

Kasus Lee Sun Kyun

MENIT.CO.ID – Kasus Lee Sun Kyun berbutut polisi dan media diselediki. Kepolisian Korea Selatan sedang melakukan penggeledahan di kantor polisi Incheon.

Hal ini menyusul dugaan kebocoran informasi terkait penyelidikan kasus narkoba terhadap mendiang aktor Lee Sun Kyun, Selasa (23/1/2024) kemarin.

Melansir dari The Korea Herald, kepolisian juga menyelidiki media yang diduga mendapat bocoran informasi dari oknum polisi terkait kasus Lee Sun-kyun.

Selain itu, penyelidik dari Badan Kepolisian Provinsi Gyeonggi Nambu juga dilaporkan mendapat barang bukti dari Badan Kepolisian Metropolitan Incheon, termasuk ponsel beberapa petugas yang terlibat dalam unit investigasi kejahatan narkoba dan catatan penyelidikan pada Senin (22/1/2024) kemarin.

Hingga saat ini, para pejabat di Korea Selatan masih belum mau memberikan komentar terkait penyelidikan yang sedang berlangsung. Namun, mereka menekankan bahwa penyelidikan akan dilakukan dengan “cepat dan ketat”.

Sebelumnya, aktor Lee Sun-kyun ditemukan tewas di dalam mobil pada 27 Desember 2023 lalu. Aktor pemeran Parasite itu diduga bunuh diri di tengah masa penyelidikan kasus dugaan penyalahgunaan narkoba sejak Oktober 2023.

Dua bulan sebelum kematiannya, aktor kelahiran 2 Maret 1975 itu telah dipanggil sebanyak tiga kali oleh kepolisian. Kehadiran Lee Sun-kyun ke polisi dipublikasikan secara luas meskipun ia meminta agar kunjungan tersebut dirahasiakan sehingga menimbulkan asumsi bahwa tanggal pemeriksaannya telah bocor.

Berkaitan dengan masalah tersebut, sutradara Parasite, Bong Joon-ho dan tokoh dunia hiburan Korea Selatan lainnya merilis pernyataan bersama pada 12 Januari yang mengkritik polisi dan media.

Kemudian, mereka mengajukan petisi ke Badan Kepolisian Nasional, Majelis Nasional, dan KBS yang pada November sempat mengungkap rekaman percakapan pribadi yang melibatkan Lee Sun-kyun dan menjadi kontroversi.

Kelompok tersebut menuntut penyelidikan menyeluruh terhadap penyelidikan Lee Sun-Kyun, undang-undang (UU) untuk melindungi hak asasi artis, dan menuntut KBS untuk menghapus artikel yang “tidak berhubungan dengan tujuan media.”

Pada pekan lalu, polisi mengatakan bahwa mereka telah memulai penyelidikan mengenai proses penanganan kasus Lee Sun-kyun. Selain itu, unit anti-korupsi dan kejahatan keuangan di kepolisian Gyeonggi Nambu juga ditugaskan untuk menyelidiki kebenaran dan bagaimana informasi tersebut bocor ke publik.

Tuduhan pemerasan terhadap seorang pelayan bar di Gangnam dan mantan aktris yang disebut telah memeras uang Lee Sun-kyun juga dilakukan oleh polisi. Saat ini, pelayan bar tersebut sedang diadili karena pemerasan. Sementara, mantan aktris yang dimaksud telah didakwa pada Selasa atas tuduhan yang sama oleh Kantor Kejaksaan Distrik Incheon.

Sebagai informasi, Lee Sun-kyun adalah salah satu dari delapan orang yang diselidiki oleh Badan Kepolisian Metropolitan Incheon atas tuduhan penggunaan obat-obat terlarang. Akibat proses investigasi tersebut, Lee Sun Kyun mundur dari drama yang harusnya dibintangi.

Pada November, aktor berusia 48 itu mengaku bahwa ia mengonsumsi narkoba dengan “tanpa sadar” karena dijebak oleh seorang host perempuan di sebuah tempat hiburan.

Selain itu, ia juga dinyatakan negatif dalam uji reagen yang dilakukan selama penyelidikan polisi dan analisis obat komprehensif berbasis laboratorium terhadap sampel rambutnya oleh Badan Forensik Nasional.