Lisa Franchetti, Perempuan Pertama Pimpin Angkatan Laut AS

Lisa Franchetti

MENIT.CO.ID – Lisa Franchetti, adalah perempuan pertama yang akan pimpin Angkatan Laut Amerika Serikat setelah ditujun oleh Presiden Joe Biden.

Laksamana Lisa Franchetti, merupakan pejabat yang juga bertugas di Kepala Staf Gabungan. Franchetti telah dicalonkan oleh Presiden Joe Biden pada Jumat (22/7) untuk memimpin Angkatan Laut AS.

Namun ia memerlukan konfirmasi Senat untuk mendapatkan jabatan tersebut. Kendati begitu, saat ini Partai Republik menunda lebih dari 200 nominasi militer senior untuk memprotes keputusan Pentagon terkait aborsi.

“Franchetti akan mengabdi selama 38 tahun untuk bangsa kita sebagai perwira yang ditugaskan, termasuk dalam perannya saat ini sebagai Wakil Kepala Operasi Angkatan Laut,” kata Biden dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters.

Franchetti telah bertugas di serangkaian kapal, memimpin sebuah kapal perusak berpeluru kendali, satu skuadron kapal perusak, dan dua kelompok serang kapal induk.

“Dia adalah wanita kedua yang mencapai pangkat laksamana bintang empat di Angkatan Laut Amerika Serikat, dan ketika dikonfirmasi, dia akan kembali mengukir sejarah sebagai wanita pertama yang menjabat sebagai Kepala Operasi Angkatan Laut dan Kepala Staf Gabungan,” lanjut Biden.

Franchetti adalah wakil komandan angkatan laut AS di Eropa dan juga di Afrika, serta wakil kepala operasi angkatan laut untuk pengembangan perang, di antara posisi lainnya. Dia menjadi wakil kepala operasi angkatan laut pada September 2022.

Jika mendapat konfirmasi Senat, Franchetti akan menggantikan Laksamana Mike Gilday yang sudah menyelesaikan masa jabatan empat tahunnya pada bulan depan.

Siapa itu Lisa Franchetti?

Lisa Franchetti adalah seorang laksamana Angkatan Laut Amerika Serikat yang menjabat sebagai wakil kepala operasi angkatan laut ke-42 sejak 2 September 2022.

Ia merupakan wanita pertama yang mengemban jabatan tersebut. Franchetti lahir di Rochester, New York pada 25 April 1964.

Ia lulus dari Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat pada tahun 1986 dengan gelar sarjana sains di bidang teknik mesin.

Setelah lulus dari akademi, Franchetti bertugas di berbagai kapal Angkatan Laut, termasuk USS Theodore Roosevelt, USS Carl Vinson, dan USS George H.W. Bush.

Ia juga pernah menjabat sebagai kepala operasi angkatan laut di Pentagon. Pada tahun 2019, Franchetti dipromosikan menjadi laksamana muda.

Ia kemudian menjabat sebagai komandan Armada Kelima Angkatan Laut Amerika Serikat, yang berpangkalan di Yokosuka, Jepang.

Pada tahun 2022, Franchetti dipromosikan menjadi laksamana dan diangkat menjadi wakil kepala operasi angkatan laut. Ia merupakan wanita pertama yang mengemban jabatan tersebut.

Franchetti menikah dan memiliki seorang anak. Ia fasih berbahasa Inggris, Spanyol, dan Jepang.