Sophie Corcoran Trending Twitter Usai Komentari Batik Indonesia

Sophie Corcoran

Menit.co.id – Sophie Corcoran namanya menjadi trending Twitter usai komentari batik Indonesia yang dikenakan oleh delegasi dunia pada momen makan malam bersama di G20 Bali.

Seorang Broadcaster di Inggris viral karena kicauannya di Twitter menanyakan kenapa para pemimpin dunia yang menghadiri KTT G20 di Bali, Indonesia menggunakan pakaian yang sama.

Sophie Corcoran mengunggah foto yang sama dengan unggahan Mahyar Tousi. Influencer sayap kanan Inggris itu menghina batik yang dipakai delegasi KTT G20, termasuk Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak.

Dikutip dari Twitter @MahyarTousi yang sudah dihapus, PM Rishi Sunak tengah berbincang bersama Presiden FIFA Gianni Infantino, Menteri Perdagangan Indonesia (Mendag) Zulkifli Hasan, Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau, dan pendiri World Economic Forum (WEF) Klaus Martin Schwab.

“Apa yang dikenakan para idiot ini?!” tulis Mahyar Tousi dalam cuitannya, Rabu 16 November 2022 pukul 05.34 waktu setempat.

Sophie Corcoran ikut berkomentar dengan menanyakan mengapa para kepala negara mengenakan pakaian yang sama.

“Kenapa mereka berpakaian mirip dan seperti itu,” tulisnya sembari menyertakan foto yang sama dengan yang diunggah Mahyar Tousi.

Berdasarkan informasi yang didapat dari situs LinkedIn, Sophie Corcoran adalah seorang broadcaster politik dan jurnalis freelance dan saat ini sedang berkuliah di Studying Business Universitas Durham.

Komentar Netizen untuk Sophie Corcoran Twitter

“Yes, G20 tradition for leaders to dress in host garb to pay respect to the culture, good optics and I would suggests helps break the ice for informal meetings,” ujar @Ontheflat3 seorang netizen dari Hongkong.

(Pakaian tradisional digunakan ketika pertemuan antar pemimpin negara bersifat santai, sehingga menjadi dinamis dan tidak terlalu kaku. Hal ini menjadi cara menghormati tuan rumah akan budayanya)

Sophie Corcoran justru enggan meminta maaf malah balik bertanya mengapa pertanyaannya jadi kontroversial. “Lolll this isn’t even controversial – I’m just asking why they’re all dressed the same way lol what are they doing ????????????????. How is this controversial,” balasnya.

(Ini bahkan enggak kontroversial sama sekali – saya cuma bertanya kenapa mereka berpakaian dengan cara yang sama apa yang mereka lakukan. Bagaimana bisa ini kontroversial).

Sialnya, perempuan yang mengaku jurnalis berbasis di Thurrock, Essex, Inggris ini, lantas mendapat balasan dari netizen Indonesia. Bahkan ada yang membalas dengan mengejek namanya.

“Itu karena mereka punya kreativitas dan tidak menggunakan pakaian membosankan seperti kemeja putih, jas dan dasi hitam yang sangat membuat frustasi seperti nama Anda. Corcoran dalam Bahasa Indonesia = menuang semen,” tulis akun @tanyadoank13.

Akun lain yakni @majeliskucing juga mengejek nama Sophie. “Nama Anda corcoran di Indonesia biasa digunakan untuk mengubur tumbal proyek,” tulisnya.

Seperti diketahui, KTT G20 berlangsung di Bali pada 15-16 November 2022. Agenda dunia ini dihadiri sejumlah kepala negara anggota G20 antara lain Presiden AS, Joe Biden; Presiden China, Xi Jin Ping; Perdana Menteri India, Narendra Modi; dan Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida.

Presiden Jokowi telah menutup KTT G20 dengan menyerahkan palu secara simbolis kepada PM Narendra Modi. Agenda berikutnya digelar di India.