Presiden Ukraina Teken Dokumen Gabung Uni Eropa

Ukraina Gabung Uni Eropa

Menit.co.id – Lewat Presiden Volodymyr Zelensky secara resmi menandatangani dokumen pengajuan keanggotaan Ukraina gabung Uni Eropa.

Padahal saat ini sedang gencatan senjata atas invasi Rusia ke Ukraina. Ini menjadi kabar mencengangkan, atas pengajuan keanggotaan Ukraina gabung Uni Eropa.

Hal itu di lakukan setelah Zelensky meminta Uni Eropa untuk secara mendesak menerima Ukraina bergabung dengan blok negara-negara Eropa tersebut.

Seperti di lansir NPR dan Reuters, Selasa (1/3/2022), akun Facebook resmi Zelensky menampilkan foto-foto saat
Presiden Ukraina itu menandatangani dokumen pengajuan keanggotaan Uni Eropa dengan di dampingi Perdana Menteri Ukraina dan ketua parlemen Ukraina.

“(Zelensky) Baru saja menandatangani dokumen bersejarah. Aplikasi Ukraina untuk keanggotaan Uni Eropa,” sebut wakil kepala kantor kepresidenan Ukraina, Andrii Sybiha, dalam pernyataan via Twitter.

Langkah itu di umumkan beberapa jam setelah Zelenksy dalam pesan videonya menyerukan Uni Eropa untuk mengizinkan Ukraina bergabung segera di bawah prosedur khusus.

Saat mempertahankan diri dari invasi militer Rusia. Tidak di jelaskan lebih lanjut soal prosedur khusus yang di maksud.

“Kami memohon kepada Uni Eropa untuk secara mendesak menerima Ukraina dengan menggunakan prosedur baru,” ucap Zelensky dalam pesan videonya seperti melansir dari CNN.

“Kami berterima kasih kepada para mitra karena mendukung kami. Tapi tujuan kami adalah bersama semua orang Eropa dan, untuk menjadi setara dengan mereka. Saya yakin kami pantas mendapatkannya. Saya yakin itu mungkin,” ujarnya.

Ukraina, seperti di lansir Politico, saat ini tidak di akui sebagai kandidat resmi untuk keanggotaan Uni Eropa, meskipun telah menjadi bagian dari perjanjian asosiasi dengan Uni Eropa.

Di mana kedua pihak sepakat menyelaraskan perekonomian di bidang tertentu dan memperdalam hubungan politik — sejak tahun 2017.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS