Vladimir Putin Punya Jalur Rahasia Kereta Lapis Baja

Vladimir Putin
Rusia dilaporkan memiliki jalur rahasia khusus kereta api lapis baja yang membawa Presiden Vladimir Putin bisa melintasi tanpa diketahui publik. (AFP/ALEXEY DRUZHININ)

MENIT.CO.ID – Presiden Rusia Vladimir Putin rupanya punya jalur rahasia khusus kereta api lapis baja bisa melintasi tanpa diketahui publik.

Kantor berita independen Rusia, Project, menemukan stasiun kereta api yang dijaga ketat di dekat Taman Nasional Valdai di wilayah Novgorod Rusia. Salah satu tempat tinggal putin juga berlokasi di wilayah itu.

Penduduk setempat mengatakan kepada wartawan bahwa stasiun dan jalur kereta api khusus itu hanya digunakan oleh sang kepala negara menuju salah satu propertinya itu.

Laporan ini juga diperkuat dengan penelusuran media Rusia lainnya, Dossier, yang mengatakan bahwa Vladimir Putin sudah menggunakan kereta api lapis baja itu untuk mobilasi sejak 2021.

Salah satu alasannya adalah karena kereta api tidak mudah terlacak radar seperti pesawat sehingga Putin bisa bepergian diam-diam tanpa diketahui publik dan wartawan.

Putin pun disebut makin getol bepergian ke kota-kota menggunakan kereta lapis baja ini, terutama sejak Rusia melancarkan invasi ke Ukraina.

“Kedatangan kereta bisa tiba-tiba, tanpa pemberitahuan. Setelah perang berkecamuk di Februari-Maret, dia mulai menggunakan jalur ini secara aktif, terutama untuk ke kediamannya di Valdai,” kata sumber itu seperti dikutip i24News pada Kamis (16/2).

Sejauh ini, tak ada situs atau sistem pemantau jalur kereta sebagaimana jalur penerbangan, Flightradar24. Dengan demikian, mempersulit memantau mobilitas Putin setahun belakangan.

“Sebelum rel kereta api di dekat Vladai dalam kondisi rusak, jalur itu hanya bisa digunakan untuk kecepatan kurang dari 15-25 km/h,” kata eks perancang yang membangun rute Moskow-St Petersburg.

Ia kemudian berujar, “Saat mereka mulai membangun jalur kereta [untuk Putin], di Vladai, bagian dari rel yang ada seharusnya telah diperbaiki.”

Berdasarkan citra satelit, stasiun dan jalur kereta api di Valdai dibangun pada 2019.

Stasiun lain di Novo-Ogaryovo dekat Moskow hanya berjarak sekitar 400 meter dari kediaman Putin. Tempat ini tersembunyi di balik pagar tinggi dengan kamera pengintai.

Stasiun tersebut juga dirancang untuk beberapa gerbong saja. Jalur lain yang berada di dekat kediaman Putin yakni Bochkarev Ruchey di Sochi. Lintasan ini dibangun pada 2017 dan juga tersembunyi di pagar tinggi.

Sumber Lain mengatakan kereta lapis baja Putin tersimpan di stasiun VIP tertutup di Moskow.