AMSI Riau Temui Walikota Dumai, Ini Pokok Pembahasannya

AMSI Riau

Menit.co.id – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Provinsi Riau melakukan audiensi dengan Walikota Dumai Paisal SKM, di rumah dinasnya, Ahad (13/3/22).

Topik bahasanya adalah untuk mendorong Pemko Dumai mengadopsi hingga memodifikasi Peraturan Gubernur Riau nomor 19 tahun 2020 tentang Kerjasama Media.

Ketua AMSI Riau Ahmad S Udi datang bersama rombongan sebanyak enam orang dari pimpinan redaksi maupun biro media siber di Riau.

Dalam kesempatan itu, Ahmad menyampaikan bahwa AMSI merupakan konstituen resmi dari Dewan Pers sebagai perusahaan media.

Saat ini ada 11 media siber arus utama di Riau yang menjadi anggota AMSI. Di antaranya yang hadir dalam rombongan ini sebagai anggota AMSI Riau.

Adapun media yang tergabung dengan AMSI Riau adalah, Riauterkini.com, Goriau.com, Cakaplah.com, Riauonline.co.id, Tribun Pekanbaru, LKBN Antara Riau, Riau24.com.

Kemudian ada Riaupos.co, Halloriau.com, Bertuahpos.com, dan Potretnews.com. Inilah media yang selama ini bernaung dalam organisasi perusahaan media.

“Di Riau kami menguasai pembaca 50 persen lebih. Kenapa anggotanya 11 karena kami sangat menerapkan persyaratan ketat. Semua verifikasi faktual di Dewan Pers, maka sulit anggota baru yang masuk,” ujarnya.

Audiensi AMSI Riau dengan Walikota Dumai

Kedatangannya ini di latarbelakangi keinginan membangun kembali ekosistem bisnis media yang sehat dan pfofesional.

Saat ini media siber di Riau ada 1.300 lebih, tapi banyak informasi tak bertanggungjawab cenderung menimbulkan fitnah dan sebagainya yang di produksi.

Jadi pihaknya ikut menginisiasi Pergub 19 tahun 2020 yang memuat persyaratan partner media. Pihaknya juga sudah mensosialisasikannya ke kepolisian, kejaksaan hingga Badan Pemeriksa Keuangan terkait mendorong kerjasama yang sehat.

“Ini bukan membatasi peran media, tapi pengelola harus bertanggungjawab karena keterbukaan banyak penunggangnya. Banyak pemerasan atas nama wartawan, maka dengan Pergub ini pola kerjasama bisa di garap,” ujarnya.

Walikota Dumai, Paisal SKM mengapresiasi AMSI sudah beraudiensi dengannya dan sudah memberikan masukan terhadap BPK RI. Hal ini perlu untuk melihat kewajaran badan kepatutan dalam kerjasama media.

Lebih lanjut, Paisal akan meminta Diskominfo Dumai untuk bisa mengadopsi Pergub tentang kerjasama media untuk menjalin kerjasama.

Selain juga meminta melakukan kerjasama media dengan adil dan proporsional. Setelah audiensi, rombongan AMSI Riau foto bersama.