Apa itu Pinpri di Twitter? Ini Penjelasan Lengkapnya

Apa itu Pinpri di Twitter

MENIT.CO.ID – Apa itu pinpri di twitter? Ini penjelasan lengkap tentang arti pinpri yang belakangan sedang marah diperbincangkan para warganet di twitter.

Pinpri itu apa? Arti pinpri adalah pinjaman pribadi. Di mana pinpri merupakan jenis pinjaman yang mengandalkan platform media sosial dengan tujuan memenuhi kebutuhan pribadi.

Belakangan banyak sekali pihak-pihak yang tertarik dengan pinpri. Apalagi syarat mengajukan pinjaman pribadi terbilang mudah.

Hanya dengan menyediakan KTP, nomor WhatsApp, alamat tempat tinggal, dan bahkan akun media sosial, seseorang dapat mengajukan pinjaman pribadi.

Namun, ada yang perlu diwaspadai, yaitu pinpri cenderung memberikan tenor atau jangka waktu yang sangat singkat dengan tingkat bunga yang lumayan tinggi.

Ini menjadi perdebatan di antara masyarakat, karena beberapa pihak berpendapat bahwa pinpri lebih berisiko dibandingkan dengan pinjaman online (Pinjol).

Sebab pinpri tidak memiliki badan hukum dan tidak diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Oleh karena itu, penyedia layanan pinpri sering sekali menggunakan taktik tekanan dan ancaman terhadap mereka yang gagal membayar pinjaman sesuai jatuh tempo.

Meminjamkan uang dengan mematok bunga tinggi, bukanlah menolong tetapi melakukan eksploitasi ekonomi, dengan memanfaatkan orang yang membutuhkan untuk dikeruk manfaatnya oleh orang lain.

Dengan ungkapan lain, penindasan ekonomi dengan kedok menolong sangat bertentangan dengan spirit ekonomi Islam dan nilai kemanusiaan universal.

Dengan demikian, pinpri, meskipun menawarkan keringanan syarat, dapat berisiko tinggi dan tidak sesuai dengan prinsip ekonomi yang menekankan tolong-menolong dan keadilan ekonomi yang berlandaskan nilai kemanusiaan.

Oleh karena itu, dalam mempertimbangkan opsi pinjaman, penting untuk merenungkan nilai-nilai agama dan prinsip-prinsip ekonomi yang mendukung kebaikan bersama dan menjaga keadilan.