Bandara Singkawang Terinspirasi Keindahan Alam Sekitar

Bandara Singkawang Terinspirasi Keindahan Alam Sekitar

MENIT.CO.ID – Bandara Singkawang di Kalimantan Barat, baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, memiliki desain yang terinspirasi dari keindahan alam di sekitarnya.

Konsep arsitekturnya terinspirasi dari tiga gunung yang mengelilingi lokasi bandara, yaitu Gunung Raya, Gunung Pasi, dan Gunung Poteng.

Bentuk atap terminal penumpang menyerupai lekuk gunung, dan penggunaan material kayu dan batu alam memberikan kesan yang menyatu dengan alam.

Meskipun terinspirasi dari alam, Bandara Singkawang tetap memiliki desain yang modern dan fungsional. Terminal penumpang yang luas dan nyaman mampu menampung hingga 335.800 penumpang per tahun.

Landasan pacu sepanjang 2.000 meter memungkinkan pesawat besar seperti Airbus 320 untuk mendarat dan terbang.

Pembangunan Bandara Singkawang diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan mobilitas orang dan barang di wilayah Kalimantan Barat.

Hal ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Singkawang dan sekitarnya, membuka peluang usaha baru, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pembangunan Bandara Singkawang.

Skema pembiayaan KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha) dan partisipasi CSR (Corporate Social Responsibility) pengusaha Singkawang menjadi contoh yang baik untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Presiden Jokowi pun berharap Bandara Singkawang dapat menjadi titik pertumbuhan ekonomi baru dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kalimantan Barat.

Bandara Singkawang, terletak di Kelurahan Pangmilang, Kecamatan Singkawang Selatan, Kalimantan Barat, siap untuk beroperasi.

Bandara ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat, khususnya di wilayah Singkawang, Bengkayang, dan Sambas (Singbebas).

Bandara ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern, seperti sistem navigasi penerbangan yang canggih, terminal penumpang yang nyaman, dan peralatan keselamatan yang lengkap.