Bank Riau Kepri Syariah Prinsipnya untuk Keberkahan Bersama

  • Bagikan
bank riau kepri syariah

Menit.co.id – Direktur Utama Bank Riau Kepri, Andi Buchari mengatakan persepsi masyarakat tentang bank syariah yaitu sebagai bank tanpa riba dan semua elemen masyarakat bisa menggunakan layanan syariahnya.

Ia melanjutkan, begitu juga nantinya dalam layanan Bank Riau Kepri Syariah yang mengedepankan prinsip universal, serta keberkahan untuk semua.

“Kemudian, berikutnya persepsi tentang Bank Syariah secara umum, maka orang akan Bank Syariah di persepsikan sebagai bank tanpa riba dan tidak terbatas hanya bagi umat muslim saja,” kata Andi Buchari, Rabu, 17 Maret 2021, saat mengisi acara Forum Dialog Ekonomi bertempat di Balai Adat Melayu LAM Riau

Andi Buchari menuturkan itu artinya sebagai bank syariah, Bank Riau Kepri maka mengedepankan prinsip-prinsip universal, keberkahan untuk semua, bukan hanya untuk masyarakat muslim saja.

“Tetapi untuk semua yang mau menikmati, memanfaatkan layanan syariah yang nanti diberikan oleh bank riau kepri, sesuai dengan prinsip-prinsipnya,” pungkas Andi Buchari.

Pertumbuhan Bank Riau Kepri Menjanjikan

Sebelumnya, Direktur Utama Bank Riau Kepri, Andi Buchari mengatakan pertumbuhan Bank Riau Kepri pada tahun 2020 menunjukan tren yang sangat tinggi.

Ia melanjutkan tentunya ini menjadi kabar gembira bagi masyarakat Riau yang mana saat ini juga sedang melakukan proses konversi menjadi Syariah.

“Inilah yang sangat menjadi kebanggaan tentu dari masyarakat proses terkonversi menjadi Syariah,” kata Andi Buchari.

BACA : Jaksa Pekanbaru Tangkap Terpidana Kasus Kredit Fiktif Bank Riau Kepri

Pihaknya menyampaikan kabar gembira perihal pertumbuhan Bank Riau Kepri tahun 2020 sangat tinggi.

“Di tahun 2020 pertumbuhan Bank Riau Kepri sangat tinggi, sangat mengembirakan. Allhamdulillah, dimana aset hampir tumbuh 69 persen. Kemudian ada juga pembiaya kita tumbuh 23,4 persen, laba tumbuh 132,9 persen,” ujarnya

Menurutnya saat ini masyarakat Riau merespon proses konversi Bank Riau Kepri Kovensional menuju Bank Riau Kepri Syariah.

Tiga Strategi Tumbuh Bank Riau Kepri Syariah

Kinerja Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Riau Kepri menerapkan tiga strategi untuk menjaga pertumbuhan kinerja. Sekretaris Perusahaan Bank Riau Kepri, Wahyudi mengatakan BRK punya misi teguh, utuh, dan tumbuh.

“Ada tiga strategi yang diterapkan yakni ayo efisien, ayo produktif, dan ayo ritel,” katanya.

BRK ingin menjadi bank syariah yang tumbuh dengan sehat, efisien dan menguntungkan. Selain itu, produktif dengan berperan penting dan nyata dalam mendorong perekonomian daerah, masyarakat, dan negara.

Kemudian, BRK juga fokus di segmen ritel yang memudahkan masyarakat Riau dan Kepulauan Riau untuk bertransaksi, menabung, dan berinvestasi. Salah satu caranya dengan penguatan IT dan layanan digital menuju open banking.

Selain itu juga menguatkan tata kelola, pengelolaan risiko, dan kesesuaian syariah. Dibarengi dengan pengelolaan organisasi dan sumber daya insani yang berlandaskan prinsip syariah.

Secara umum, perkembangan kinerja UUS terus mengalami peningkatan sejak 2018. Aset tercatat Rp 5,78 triliun, Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp 3,5 triliun, pembiayaan Rp 2,74 triliun, laba Rp 91 miliar, dan FDR sebesar 78,09 persen, turun dari 99,61 persen tahun 2019.

  • Bagikan