Cara Berkembang Biak Wortel, Ini Ulasan Lengkapnya

Cara Berkembang Biak Wortel

MENIT.CO.ID – Cara berkembang biak worter bisa anda temukan melalui artikel ini. Berikut adalah ulasan lengkap tentang cara kembang biak wortel.

Wortel (Daucus carota) adalah tumbuhan yang termasuk dalam keluarga Apiaceae. Proses berkembang biak wortel melibatkan beberapa tahap, termasuk persiapan biji, penanaman, perawatan, dan pemanenan.

Berikut adalah langkah-langkah lengkap tentang cara berkembang biak wortel:

Pemilihan Biji Wortel

Pilihlah biji wortel yang baik dan sehat untuk ditanam. Pastikan biji tidak berjamur, tidak berwarna cokelat atau hitam, dan berukuran seragam. Biji yang baik akan memberikan hasil yang lebih baik dalam proses pertumbuhan.

Persiapan Tanah

Wortel membutuhkan tanah yang gembur, bebas batu, dan kaya akan bahan organik. Persiapkan lahan dengan menggemburkan tanah hingga kedalaman sekitar 15-20 cm dan campurkan pupuk kompos atau humus untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Penanaman Biji

Lubangi tanah dengan kedalaman sekitar 1 cm dan jarak antar lubang sekitar 5 cm. Letakkan biji wortel ke dalam lubang dengan jarak antar biji sekitar 2-3 cm. Tutup kembali lubang dengan tanah dan tekan perlahan untuk memadatkan tanah di sekitar biji.

Penyiraman

Setelah penanaman, siram tanah secara merata hingga tanah lembab, tetapi tidak tergenang air. Pastikan tanah tetap lembab selama masa perkecambahan, yang biasanya memakan waktu sekitar 2-3 minggu.

Pemupukan

Setelah bibit muncul, beri pupuk dengan kandungan nitrogen yang lebih tinggi untuk membantu pertumbuhan daun. Pupuk dapat diberikan dalam bentuk pupuk cair atau butiran sesuai petunjuk dosis yang tertera pada kemasan.

Penjarangan

Setelah bibit mencapai ukuran sekitar 5 cm, lakukan penjarangan dengan cara membuang beberapa bibit agar jarak antar tanaman menjadi sekitar 10 cm. Langkah ini penting untuk memberi ruang bagi akar wortel yang tumbuh ke bawah.

Perawatan

Pastikan untuk terus merawat tanaman wortel dengan menyiangi gulma yang tumbuh di sekitarnya. Selain itu, pastikan untuk tetap menyiram tanaman secara teratur dan beri pupuk tambahan sesuai dengan perkembangan tanaman.

Panen

Wortel biasanya siap dipanen dalam waktu 2-3 bulan setelah penanaman, tergantung pada varietasnya. Wortel dapat dipanen ketika ukurannya sudah mencapai sekitar 1-2 cm diameter atau lebih besar, tergantung pada preferensi Anda. Gunakan cangkul atau garpu taman untuk menggali tanah di sekitar wortel, lalu tarik dengan hati-hati untuk mengangkat wortel dari tanah.

Penyimpanan

Setelah dipanen, pisahkan daun dari bagian umbi wortel dan simpan di tempat yang sejuk dan lembab, seperti kulkas, untuk menjaga kesegarannya.

Itulah langkah-langkah lengkap tentang cara berkembang biak wortel. Dengan perawatan yang tepat, Anda dapat menikmati panen wortel yang segar dan sehat. Selamat mencoba!