Gencarkan Pelatihan Program Ekspor Shopee untuk UMKM Binaan

  • Bagikan
Program Ekspor Shopee
Program Ekspor Shopee

Menit.co.id – Shopee Indonesia fokus mendorong keberlangsungan UMKM di Indonesia, khususnya yang bernaung dalam program Kampus Shopee.

Dalam mewujudkan hal tersebut, Shopee senantiasa mengembangkan rangkaian program inovatif, salah satunya ialah Program Ekspor Shopee sebagai bentuk komitmen dalam mendukung para pelaku UMKM binaan untuk Go-Global.

Program ini diperkuat dengan hadirnya berbagai pelatihan dan pendampingan kepada pelaku usaha lokal mengenai penerapan literasi digital, serta pemahaman akan peluang besar untuk melakukan bisnis secara online dengan dukungan dari Shopee Indonesia.

Radityo Triatmojo, Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintahan Shopee Indonesia menyampaikan, berkomitmen untuk turut serta mendorong perputaran roda ekonomi Indonesia.

BACA : ShopeePay Semangat Usaha Lokal untuk Perkembangan UKM Seluruh Indonesia

Shopee senantiasa fokus untuk menghadirkan program inovatif yang tidak hanya untuk akses berbelanja online masyarakat Indonesia, tetapi juga untuk mendukung penuh keberlangsungan para pelaku UMKM binaan, salah satunya melalui program ekspor.

Para UMKM binaan kami diedukasi, dilatih, dan didampingi secara bertahap untuk dapat melakukan ekspor ke luar Indonesia, khususnya ke negara-negara Shopee beroperasi.

Lebih dari itu, guna menjangkau potensi UMKM secara luas, kami juga mendukung program Sekolah Ekspor untuk mewujudkan terciptanya 500.000 Eksportir hingga tahun 2030 nantinya.”

Dalam rangka mendukung ekspor Indonesia, Shopee memberikan serangkaian program yang dimulai dari awal hingga tahap lanjutan untuk Penjual Ekspor melalui Pelatihan Program Ekspor Shopee, khususnya yang dilakukan secara online. Berikut beberapa proses dan pelatihan yang Shopee bagikan kepada para Eksportir:

Tahap awal pendaftaran dan pembekalan: Calon penjual harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk mengaktivasi toko dan operasionalnya di Shopee, dengan pembekalan atas edukasi dan pelatihan yang diberikan secara online, sebelum dapat melakukan ekspor kemudian.

Tahap awal pendaftaran penjual (UMKM) Shopee dengan seleksi berdasarkan kriteria dan ketentuan dari produk dan administrasi calon penjual di Shopee Indonesia.

Edukasi dan pelatihan melalui program Kampus Shopee, untuk penjual yang telah terdaftar dan lolos seleksi atas kriteria dengan melakukan penerapan literasi digital.

Penjual akan didampingi lebih lanjut untuk pelatihan program ekspor guna onboarding ekspor di aplikasi Shopee.

Tahap lanjutan; onboard Program Ekspor Shopee Indonesia: Tahap lanjutan untuk dapat melakukan program ekspor Shopee secara efektif, melalui edukasi, pelatihan, dan pendampingan ekspor, seperti berikut:

Pendaftaran lanjutan untuk Penjual yang akan melakukan Ekspor dengan pembekalan awal dari sistematika dan mekanisme proses melakukan ekspor produk toko di Shopee Indonesia.

Pengaktifan toko di luar negeri yang didampingi dengan edukasi dan pelatihan ekspor saat ini ditargetkan untuk diberikan kepada 100.000 peserta pelatihan, dilakukan secara online guna secara efektif berjalan dengan segera, khususnya di situasi pandemi saat ini, melalui beberapa materi berikut:

Edukasi dan pelatihan yang diberikan melalui berbagai seminar dengan Seller Education Hub (SEH) untuk meningkatkan keberlangsungan ekspor seperti, Webinar Seller Education: Deeper Info Shopee Export.

Edukasi dan pelatihan terkait hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam mengekspor barang dengan pendekatan penerapan literasi digital untuk bagaimana mengoperasikan sistem ekspor, memelihara sistem operasional toko, proses ekspor, hingga memelihara sistem persediaan produk.

Edukasi dan pelatihan terkait ketentuan dan kebijakan operasional ekspor untuk produk jual yang telah memenuhi syarat di quality control.

Edukasi dan pelatihan terkait sistem pengiriman produk ke Gudang Shopee Indonesia untuk diekspor ke negara tujuan yang sesuai dengan transaksi pembeli di luar Indonesia.

Dalam terus mendukung keberlangsungan dari Program Ekspor untuk para penjual, Shopee Indonesia juga senantiasa berinovasi melalui kontribusi ke beberapa bentuk dukungan seperti:

Program Sekolah Ekspor, lansiran Asosiasi pemerintahan gabungan antara Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dengan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (SMESCO). Program Sekolah Ekspor ini memiliki visi untuk menjangkau potensi UMKM yang lebih luas dengan mewujudkan 500.000 Eksportir di tahun 2030.

Kerjasama dengan Bank Indonesia untuk mendukung UMKM binaannya yang akan diberikan edukasi dan pelatihan ekspor guna dapat secara efektif onboard di Shopee Indonesia.

Keberlangsungan bisnis para UMKM binaan ini juga turut didukung dengan keikutsertaan dalam berbagai kampanye-kampanye tematik Shopee, seperti salah satunya adalah kampanye Shopee 4.4 Mega Shopping Day yang sedang berlangsung saat ini dengan berbagai rangkaian penawaran terbaik untuk para pengguna.

“Harapan kedepannya melalui Pelatihan Program Ekspor ini, para pelaku UMKM binaan kami maupun publik dapat melakukan ekspor secara efektif untuk mencakup jangkauan yang lebih luas guna mendukung keberlangsungan bisnisnya bersama Shopee,” tutup Radityo.

Untuk saat ini, calon penjual ekspor dapat mendaftarkan dirinya secara langsung ke Shopee Indonesia melalui tautan ini dan/atau mengikuti proses edukasi kurikulum program Sekolah Ekspor sebelum mengikuti serangkaian program ekspor di Shopee Indonesia kemudian.

  • Bagikan