Inilah Kisah Sukses Pemilik Rumah Pangkas Kita Binaan Apical Group

Rumah Pangkas Kita

MENIT.CO.ID – Rumah Pangkas Kita merupakan usaha mikro kecil dan menengan milik Muhammad Zaki sukses berkat binaan perusahaan Apical Group.

Rumah Pangkas Kita yang berada di Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, kini semakin sukses dan banyak menerima pelanggan.

Kesuksesan ini berkat program pemberdayaan dari Apical Group tiga tahun yang lalu. Diresmikan pada 2020, Rumah Pangkas Kita sudah melayani hingga 15-20 orang per hari.

UMKM tersebut kini tengah mencari tenaga pendamping untuk membantu Muhammad Zaki untuk melayani pelanggan yang hendak potong rambut.

Di masa awal berdiri, maksimal hanya ada sekitar tujuh pelanggan per harinya.

Apical Group selaku produsen dan pengekspor minyak sawit dan produk turunannya, menaruh perhatian besar dalam program pemberdayaan masyarakat, terutama mereka yang tinggal di sekitar pabrik atau wilayah operasionalnya.

Dalam sebuah video yang diunggah Apical di akun Youtube resminya pada 5 Januari 2024, Zaki mengakui ia sempat merasa ‘down’ ketika pertama kali memulai usaha pangkas rambut di rumah orang tuanya.

Zaki memang menyukai pekerjaan potong rambut sejak SMA. “Dulu mulai seadanya karena belum ada modal untuk menjalankan usaha pangkas rambut,” katanya di video tersebut.

“Sempat down karena nggak ada pelanggan. Mungkin kalau saya nggak ketemu Apical saya udah ganti profesi,” kata Zaki, yang kini menjalankan usaha pangkas rambut bersama rekannya.

Ia menambahkan bahwa perwakilan dari Apical, yakni dari PT Sari Dumai Sejati, memang pernah mendatangi kediamannya untuk menawarkan program pelatihan memangkas rambut.

Kemudian menyediakan ruko yang lebih representatif untuk tempat pangkas, beserta fasilitas peralatan pangkas rambut. Awalnya ada dua pemuda yang dilatih menjadi tukang pangkas.

Tapi dalam perjalanannya hanya Muhammad Zaki yang bertahan. Zaki sempat ragu, namun dukungan keluarga terhadap keputusannya tersebut kini mulai berbuah manis.

Rumah Pangkas Kita yang dulunya sepi pelanggan, sekarang sudah mulai kebanjiran konsumen untuk potong rambut. Hal tersebut menambah kesejahteraan pria yang baru saja menikah tersebut.

Ke depannya, ia mengatakan ingin meningkatkan kualitas layanannya. Itu sebabnya ia ingin menambah pendamping di tempat usahanya tersebut.

“Saya sangat bersyukur, berterima kasih karena mendapatkan mitra seperti Apical dalam mengembangkan usaha pangkas ini,” tutupnya.