Kelapa Genjah, Ini Manfaat yang Perlu Masyarakat Ketahui

Kelapa Genjah

Menit.co.id – Kelapa Genjah merupakan tumbuhan atau tanama menyerupai tumbuhan palem dengan batang cukup tinggi dan buahnya tertutup sabut.

Buah kelapa genjah sendiri terlindungi tempurung yang keras. Tanama ini sekarang menjadi wacana Pemerintah Indonesia berguna untuk mangatasi krisis pangan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan penanaman 1 juta kelapa genjah di lahan-lahan tak produktif yang ada di Indonesia. Guna mengantisipasi krisis pangan menghadang.

Langkah awal, Kementerian Pertanian sudah menyiapkan 46 ribu bibit kelapa genjah untuk area area Solo Raya dan Boyolali, 44 ribu bibit untuk Karanganyar, dan 110 ribu bibit untuk Sukoharjo.

“Ini baru di mulai di sini. Nanti di provinsi-provinsi yang kelapa itu bisa tumbuh baik akan kami tanami. Targetnya kurang lebih 1 juta genjah,” kata Jokowi di Desa Giriroto, Boyolali, Jawa Tengah.

Saat itu, Presiden Jokowi bersama para pembantunya di pemerintahan melakukan penanaman bibit kelapa genjah pertama pada, Kamis (11/8/2022) kemarin.

Apa itu kelapa genjah?

Genjah adalah tumbuhan palem yang berbatang tinggi, buahnya tertutup sabut dan tempurung yang keras, di dalamnya terdapat daging yang mengandung santan dan air, merupakan tumbuhan serba guna.

Sedangkan genjah adalah salah satu jenis kelapa yang bisa berbuah lebih cepat. Genjah pada umumnya mulai berbunga sejak ditanam relatif muda atau sekitar 3 sampai 5 tahun.

Di kutip dari Laman Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Buleleng, tanaman kelapa ini jika di pelihara dengan benar, umurnya mampu mencapai 50 tahun dengan masa produktif 25 tahun.

Warna buah bisa bervariasi dari Kuning, hijau dan jingga. Ukuran buah kecil, antara 1,5 kilogram (kg) hingga 2 kg, daging buah beratnya 0,50 kg dan air sekitar 200 cc.

Sedangkan kopra yang dihasilkan setiap butir kelapa menghasilkan kopra 150 gram dan minyak 68 persen.

Manfaat kelapa ini sangat banyak. Bisa sebagai sarana untuk upacara keagamaan, di Bali pada umumnya tidak pernah lepas dengan kelapa.

Selalu mendapat tempat yang utama, selain itu kelapa mempunyai peranan dalam ilmu pengobatan, bisa dijadikan VCO (virgin coconut oil), bisa dibuat jadi sabun.

Secara umum, semua bagian dari kelapa dapat digunakan untuk bahan industri. sebagai keset, tali, kayu bahan bangunan, dan lain sebagainya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS