Minyak Dunia Mahal, ESDM Bakal Naikkan Harga BBM Premium?

    Jumat, 23 November 2018 - 10:20 Editor : Redaksi Dibaca : 133 Views

    Menit.co.id Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sedang merumuskan formula pembentukan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) penugasan atau Premium penugasan. Hal ini untuk menyesuaikan dengan kondisi terbaru.

    Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, formula pembentukan harga BBM penugasan salah satunya Premium sedang direvisi, di waktu yang bersamaan sedang dirumuskan formula baru yang akan diberlakukan ke depan.

    Untuk merumuskannya, instansi tersebut mengajak PT Pertamina (Persero). “Formula BBM untuk penugasan, lagi dibuat formulanya, lagi direvisi,” kata Arcandra, di Jakarta, Jumat (23/11).

    Menurut Arcandra, formula BBM penugasan akan diubah, untuk menyesuaikan dengan struktur biaya yang berlaku saat ini. Namun dia belum bisa menyebutkan struktur biaya yang berubah.

    “Disesuaikan dengan cost structure, ya nanti lah kan lagi dibahas, sesuai dengan segala macam bentuk cost,” ujarnya.

    Arcandra melanjutkan, penyesuaian struktur biaya formula pembentukan harga BBM penugasan dengan kondisi saat ini, untuk menciptakan rasa keadilan dengan badan usaha penyalur BBM penugasan.

    Setelah dimatangkan, Kementerian ESDM akan melaporkan formula baru pembentukan harga BBM penugasan ke Kementerian Keuangan.

    “Menyesuaikan dengan cost structure yang ada, yang fair saja. Kementerian ESDM menteri bikin surat ke Kementerian Keuangan bahwa ini ini,” tandasnya.

    Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan mengakui adanya rencana penyesuaian harga BBM jenis Premium. Namun akhirnya diputuskan ditunda. Alasannya karena dampaknya bisa memberatkan rakyat kecil.

    Saat ini, rencana kenaikan harga Premium tersebut masih dihitung dampaknya. Pemerintah juga terus memantau pergerakan harga minyak global.

    (Liputan6)



    Komentar Pembaca: