Mudik Dilarang, Ubay sebut Perjalanan Menuju Klaten Sebagai Wisata

  • Bagikan
Larangan Mudik Lebaran

Menit.co.id – Pertanyaan seorang warga Tangerang Kota yang harus pulang kampung lebih dini sebelum pemberlakukan larangan perjalanan mulai H-7 Lebaran.

Pria bernama Ubay tersebut melakukan perjalanan dengan bus malam ke kampung halamannya di Klaten, Minggu (25/4/2021), dan mengatakan tidak punya pilihan lain kecuali memilih pulang lebih dini.

Dengan bahasanya sendiri, ia menyebut perjalanan ke Klaten itu sebagai “wisata”.

“Mudik kan nggak boleh. Jadi ini saya berangkat dalam rangka berwisata ke Klaten. Saya mau wisata bareng istri dan anak,” ujarnya setengah bergurau.

Ubay harus mudik, karena Lebaran tahun lalu ia dan keluarganya tidak bisa pulang setelah adanya larangan pemerintah gara-gara wabah Covid-19.

Alasan yang sama digunakan untuk melarang mudik tahun ini.

“Kan tahun kemarin saja sudah enggak boleh, masa sekarang sama? Kasihan orang tua saya di kampung,” ungkap Ubay.

Sejumlah penumpang terlihat di lokasi yang sama, di sebuah pul perusahaan bus antar provinsi di wilayah Ciputat, Tangerang Selatan.

Ubay mengatakan ia dan keluarganya pulang lebih dulu untuk menghindari larangan mudik yang berlaku 6-17 Mei 2021.

“Saya sengaja dari awal berangkatnya. Kalau nanti-nanti malah takut nggak bisa balik,” lanjutnya dikutip dari beritasatu.com.

Ia mempertanyakan larangan mudik tahun ini, karena dari berita yang didapatnya warga negara Indonesia di luar negeri justru dibebaskan untuk pulang menuju kampung halamannya.

“Sebenarnya kecewa. Masa orang yang pulang dari luar negeri masih diizinkan ke kampung halamannya, kita yang di sini nggak boleh pulang kampung? Kita yang mau pulang kampung kan juga punya keluarga yang ingin bertemu dengan orang tua,” kata Ubay.

“Makanya saya bilang saya nggak mudik tapi mau berwisata. Lagi pula keputusan ini saya ambil karena istri juga sudah nggak kerja dan saya juga hanya berwiraswasta dan kerja serabutan. Kalau tetap di sini, takutnya nggak sanggup membiayai diri dan keluarga,” imbuhnya.

Meskipun tanggal yang dipilihnya masih jauh dari Lebaran, ternyata harga tiket bus sudah meningkat dari biasanya.

“[Harga tiket] meningkat sedikit kalau dibanding hari biasa. Tapi masih dalam batas wajar karena momennya kan juga beda. Yang penting sekarang kita masih bisa balik,” ujarnya.

  • Bagikan