Mudik Gratis Pemprov Jateng 2024, Simak Syarat dan Cara Daftar Berikut Ini

Mudik Gratis Pemprov Jateng 2024

MENIT.CO.ID – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah alias Pemprov Jateng mengadakan mudik gratis 2024 bagi masyarakat yang memiliki KTP Jawa Tengah.

Bagi Anda pemilik KTP Jawa Tengah, berikut syarat dan cara daftar mudik gratis Pemprov Jateng 2024 yang resmi dibuka untuk masyarakat.

Program mudik gratis 2024 masih menjadi informasi paling dicari-cari masyarakat. Banyak lembaga pemerintah, BUMN dan Swasta mengadakan mudik gratis.

Program ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman merayakan Lebaran 2024 bersama keluarga dengan biaya gratis.

Sebagai bentuk tanggungjawab dan kepedulian kepada masyarakat, Pemprov Jateng melaksanakan program mudik gratis yang sudah setiap tahun dilaksanakan.

Jadwal Pendaftaran dan Rute Mudik Gratis Pemprov Jateng 2024

Pada program mudik gratis tahun ini, Pemprov Jateng membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin mudik ke kampung halaman dengan moda transportasi bus dan kereta api.

Adapun jadwal pendaftaran dibuka pada tanggal 6 Maret 2024. Untuk keberangkatan pada 6 April 2024 mendatang masyarakat akan mudik gratis dengan moda tranportasi jenis Bus.

Sementara untuk mudik gratis menggunakan Kereta Api, pendaftaran dibuka mulai 13 Maret 2024 dengan jadwal keberangkatan pada 7 April 2024 mendatang.

Kemudian, untuk rute mudik gratis menggunakan moda tranpostrasi Kereta Api sebagai berikut: Jakarta – Solo & Jakarta – Semarang.

Persyaratan Mudik Gratis Pemprov Jateng

Bagi masyarakat yang ingin menikmati program ini, masyarakat harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh Pemprov Jateng. Berikut persyaratan mudik gratis:

1. Memiliki KTP Jawa Tengah

2. Bekerja di sektor informal berpenghasilan rendah (Ojek, ART, Pedagang Asongan-kaki lima, Pengemudi, Buruh, dll)

3. Pendaftar Satu Keluarga/ Kelompok maksimal 4 orang. Pendaftar satu keluarga dibuktikan dengan KK.

Cara Daftar Mudik Gratis Pemprov Jateng 2024

Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui laman Peda Mateng: https://pedamateng.penghubung.jatengprov.go.id/. Berikut adalah cara daftar mudik gratis Pemprov Jateng 2024:

1. Buka link pendaftaran di browser Anda
2. Scroll ke bawah untuk cek ketersediaan kursi sesuai tujuan.
3. Apabila kuota masih tersedia scroll kembali ke atas dan klik tombol ‘MENDAFTAR’.
4. Pilih tujuan mudik Anda, kemudian isi bagian data diri peserta sesuai KTP dan KK.
5.Cek kembali data yang sudah diisi, pastikan data lengkap dan benar, kemudian klik ‘SIMPAN’.
6. Setelah klaim kuota tiket mudik gratis dinyatakan berhasil, pendaftar diberi waktu 2×24 jam untuk mengunggah dokumen persyaratan.
7. Klik tombol ‘CEK STATUS’ untuk mengunggah seluruh dokumen persyaratan.
8. Setelah proses mengunggah seluruh dokumen persyaratan selesai, peserta diharuskan menunggu proses verifikasi data selama 3x24jam.
9. Pengecekan hasil verifikasi peserta dinyatakan lolos atau tidak bisa dilakukan melalui menu ‘CEK STATUS’ dan memasukan nomor WhatsApp dan NIK yang terdaftar.
10. Lakukan cek berkala untuk memastikan hasil verifikasi peserta dinyatakan lolos atau tidak.
11. Apabila telah dinyatakan lolos, peserta dapat mengunduh tiket dengan klik menu ‘UNDUH E-TIKET’ dan lakukan pengambilan tiket KAI di Kantor Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah di Jalan Darmawangsa VIII No.26, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
12. Apabila ingin melakukan pembatalan, peserta dapat klik menu ‘BATALKAN PESANAN’.

Sebagai informasi, bahwa program mudik gratis Pemprov Jateng 2024 ini merupakan Bantuan Gubernur Jawa Tengah bersama Bank Jateng.

Kegiatan mudik gratis Pemprov Jateng 2024 menjadi bentuk perhatian kepada warga Jawa Tengah di perantauan yang antusias menyambut momen mudik Lebaran dan ingin kembali ke kampung halaman di Jawa Tengah.