Pemerintah Hapus Pegawai Honorer 2023

Pegawai Honorer 2023

Menit.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) hapus pegawai honorer 2023.

Kabar buruk itu membuat para tenaga honorer tengah harap-harap cemas. Hal ini menyusul rencana pemerintah untuk menghapuskan status pegawai honorer 2023.

Wacana penghapusan tenaga honorer ini di sampaikan langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

Menurut Tjahjo, sesuai dengan aturan yang telah di tetapkan sebelumnya, status tenaga honorer di pemerintahan sudah tidak ada lagi pada 2 tahun mendatang.

“Terkait tenaga honorer, melalui PP (peraturan pemerintah), di berikan kesempatan untuk diselesaikan sampai dengan 2023,” kata Tjahjo Kumolo.

Status pegawai pemerintah di 2023 nanti hanya ada dua saja. Yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kedua status tersebut di sebut dengan Aparatur Sipil Negara (ASN). Terkait beberapa pekerjaan di instansi pemerintahan, seperti petugas keamanan dan kebersihan.

Tjahjo mengatakan hal itu akan di penuhi melalui tenaga alihdaya melalui pihak ketiga atau pekerja outsourcing.

“Untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan-pekerjaan yang sangat basic, seperti cleaning service, security dan lainnya itu di sarankan untuk di penuhi melalui tenaga alih daya dengan beban biaya umum, dan bukan biaya gaji (payroll),” jelasnya.