Pertamina Pertalite RON 86, Ini Penjelasan Perusahaan BUMN

pertamina pertalite RON 86

Menit.co.id – Pertamina Pertalite RON 86 berhasil membuat heboh para pengguna media sosial. Ini bermula dari unggahan salah satu pengguna media sosial.

Akun tersebut mengunggah hasil uji BBM Pertamina Pertalite RON 86. Padahal, sejatinya Pertalite RON 90. Lantas benarkah unggahan Pertamina Pertalite RON 86?

PT Pertamina (Persero) menanggapi informasi di media sosial terkait hasil pengujian Pertalite yang disebut menunjukkan bahwa spesifikasi BBM tersebut bukanlah RON 90, melainkan RON 86.

Secretary Corporate PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan alat pengujian RON yang akurat harus mengacu kepada metode standar seperti ASTM RON method.

Sehingga seluruh proses pengujian dapat divalidasi dan alat yang digunakan selalu dikalibrasi. “Pada gambar tersebut, Pertamina tidak dapat memastikan alat yang digunakan dalam pengujian RON,” kata Irto, Minggu (9/10/2022).

Lebih lanjut, dia menyebut apabila pengujian yang ada pada gambar tersebut menggunakan Oktan Analyzer Portable, maka alat tersebut harus sudah di kalibrasi menggunakan certified reference material secara berkala.

Irto menegaskan, Lembaga Penelitian dan Pengembangan Industri Minyak dan Gas Bumi (Lemigas) juga telah melakukan pengujian terhadap 6 sampel Pertalite di SPBU wilayah Jakarta.

Dari hasil pengujian tersebut, didapatkan seluruh sampel menunjukkan hasil atau spek Pertalite masih sesuai dengan ketentuan.

“Seluruh sample menunjukkan hasil atau spek Pertalite masih sesuai dengan ketentuan Dirjen Migas No. 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu [Spesifikasi] BBM Jenis Bensin RON 90 yang Dipasarkan di Dalam Negeri,” terangnya.