Petinggi Freeport Indonesia Datangi ESDM, Bahas Perpanjangan Izin Tambang

    Jumat, 14 Desember 2018 - 17:13 Editor : Redaksi Dibaca : 208 Views

    Menit.co.id PT Freeport Indonesia (PTFI) siang ini menyambangi Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, untuk membahas soal perpanjangan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) yang definitif.

    Saat ini, pemerintah belum memberi perpanjangan IUPK hingga 2031 untuk PTFI karena PT Inalum (Persero) masih menyelesaikan proses administrasi dan perizinan untuk menguasai 51 persen saham PTFI.

    “Masih dibahas lah semua, mudah-mudahan bisa lebih cepat,” ucap Executive Vice President PTFI, Tony Wenas, di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (14/12).

    Dia menambahkan, hal yang dibahas pada pertemuan itu ialah masalah lingkungan hidup yang terkait dengan IUPK. Pemerintah meminta operasional PTFI ke depan tidak menyebabkan kerusakan lingkungan.

    “IUPK lingkungan hidupnya, kan lingkungan hidup ada di IUPK. Intinya kan empat butir kesepakatan itu diterjemahkan ke dalam IUPK yang memang bisa dilaksanakan,” tegasnya.

    Menurut Tony, saat ini persoalan lingkungan itu tengah dibahas dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Dia optimistis pada bulan ini, persoalan lingkungan tersebut sudah selesai.

    “Sedang dalam penyelesaian. Kita harus optimistis (pekan depan selesai), sedang tahapan penyelesaian,” kata Tony.

    Berdasarkan pantauan kumparan, Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono hadir dalam pertemuan itu. Pun Direktur Utama PT Inalum (Persero), Budi Gunadi Sadikin, juga direncanakan ikut membahas persoalan tersebut.

    (Kumparan)



    Komentar Pembaca: