Sampoerna Ajak UKM Sumatera Selatan untuk Maju Bersama

Sampoerna Ajak UKM Sumatera Selatan untuk Maju Bersama

Menit.co.id – PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) bersama komunitas retail binaannya ‘Sampoerna Retail Community (SRC)’ menggelar kegiatan “SRC Expo” untuk menginspirasi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Sumatera Selatan agar lebih kreatif, mandiri, dan memiliki daya saing yang tinggi.

Program pemberdayaan UKM ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Sumatera Selatan (Pemda Sumsel). Menurut Gubernur Sumsel Herman Deru, semangat para UKM ini perlu terus didorong, karena modern tidak menjadi jaminan bahwa bisnis mereka akan laku jika tidak jeli membaca pangsa pasar. Untuk itu, ia mengaku sangat berterimakasih Sampoerna mau bergerak berdampingan dengan Pemprov Sumsel untuk mendorong para pelaku UKM di Sumsel.

Sepak terjang para pelaku UKM di Sumsel kini semakin nyata, terlihat dari data Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Selatan yang mencatat bahwa jumlah pelaku UKM di provinsi ini pada tahun 2016 adalah sebanyak 2.102.478 unit, dimana di tahun 2017 meningkat menjadi 2.103.268 unit.

Di tengah iklim perkembangan UKM yang sangat kondusif, sinergi antara pihak pemerintah dan sektor swasta dalam mengembangkan UKM di Indonesia menjadi sangat krusial, mengingat potensi sektor ini yang luar biasa untuk dikembangkan. Kepala Wilayah Sumatera Selatan Sampoerna, Rianto Probo Hartono, meyakini bahwa dengan semakin majunya para pelaku UKM, maka roda perekonomian daerah setempat pun akan bergulir dengan lebih cepat pula.

”Pemberdayaan UKM merupakan upaya Sampoerna dalam mendukung pemerintah untuk mengakselerasi kemandirian ekonomi baik di tingkat nasional maupun daerah. Semangat ini kami tuangkan dalam payung program perusahaan yaitu ‘Sampoerna untuk Indonesia’. Selain itu, sejalan dengan komitmen tersebut kami juga menyelenggarakan SRC Expo yang ditujukan bagi mitra retail binaan kami di Sumatera Selatan. Acara ini bertujuan menjangkau lebih banyak pelaku UKM, menggali potensi mereka, dan membuka akses terhadap berbagai peluang bisnis lainnya,” ujar Rianto.

Program ‘Sampoerna untuk Indonesia’ menggunakan pendekatan keberlanjutan dalam bentuk pembangunan kapabilitas yang terintegrasi dalam memberdayakan UKM. Program ini berfokus pada dua sektor, yaitu peretail tradisional melalui Sampoerna Retail Community (SRC) dan wirausaha lainnya melalui Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sampoerna. Sekitar 100.000 mitra dagang dan pelaku UKM telah bergabung sejak 2007.

Di provinsi Sumsel, sebanyak 2.500 toko retail tradisional sudah menjadi bagian dari SRC dan dibina oleh Sampoerna secara berkelanjutan. Acara SRC Expo dihadirkan untuk mendukung semangat kewirausahaan di Sumsel dalam bentuk pameran retail tradisional. Rangkaian acara termasuk pertemuan para pelaku UKM dengan berbagai pihak yang akan memperkuat jejaring bisnis mereka, pelatihan kewirausahaan, dan seminar untuk memperluas wawasan bisnis para pelaku UKM.

SRC Expo juga merupakan rangkaian acara Road to SETC Expo, acara tahunan bagi wirausahawan PPK Sampoerna. Setiap tahunnya, PPK Sampoerna mengundang ratusan pelaku UKM berpartisipasi dalam SETC Expo untuk memamerkan produk, memperluas jejaring bisnis, serta mendapatkan pelatihan-pelatihan menarik untuk dapat membangun kapabilitas mereka. Acara puncak SETC Expo 2018 akan dilaksanakan di Bali pada bulan Desember mendatang.

Pemerintah daerah Sumsel menyambut positif pelaksanaan SRC Expo yang akan menarik lebih dari 3.000 peminat UKM ini. “Saya sangat berterimakasih sekali SRC sudah ikut membangun ekonomi. Sehingga tumbuh spirit baru para UKM untuk memperbaiki penampilan. Dan bila perlu biar ada ciri khasnya warung-warung yang dibina SRC ini mengangkat kerajinan lokal juga,” ujar Herman Deru.

Budi Lubis, pemilik SRC Radja Cell yang sudah bergabung dengan SRC sejak empat tahun lalu menceritakan pengalamannya, “Toko saya kini jadi jauh lebih berkembang berkat dukungan SRC. Saya harap SRC Expo menjadi penyemangat bagi para peretail tradisional seperti saya untuk terus maju dan meraih berbagai peluang di tengah pertumbuhan retail modern saat ini.” Berkat perkembangan bisnisnya yang signifikan, Budi Lubis kini turut memberdayakan 55 peretail tradisional lainnya di area Palembang Raya.

“SRC Expo adalah langkah awal sinergi antara sektor swasta dengan pemerintah yang perlu kita dukung bersama-sama. UKM yang kuat akan menopang ekonomi kita semakin tangguh, dan pada akhirnya mampu bertahan dalam berbagai kondisi. Sampoerna berharap SRC Expo dapat memberikan inspirasi, motivasi, dan penyemangat bagi para mitra UKM kami di Sumatera Selatan,” tutup Rianto.

(rdk/rls)