Sri Mulyani Beri Teguran Bea Cukai: Tingkatkan Pelayanan!

Sri Mulyani Beri Teguran Bea Cukai
Menteri Keuangan Sri Mulyani melantik dan mengukuhkan jajaran pejabat baru direktur jenderal di lingkungan Kementerian Keuangan. Foto Kemenkeu

MENIT.CO.ID – Di tengah kisruh permasalahan antara Bea Cukai dengan berbagai pihak, muncul sebuah video yang menunjukkan Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan arahan penting.

Dalam rapat bersama Komisi XI DPR dan jajaran Bea Cukai pada Maret 2023, Sri Mulyani menyoroti perlunya perbaikan dalam pelayanan yang diberikan oleh jajarannya.

Ia menekankan pentingnya para petugas Bea Cukai, khususnya yang bertugas memeriksa barang bawaan penumpang di bandara, untuk lebih berhati-hati dan mengedepankan manajemen risiko.

“Teman-teman Bea Cukai harus memperbaiki pelayanan yang berbasis manajemen risiko,” ujar Sri Mulyani dikutip dari kanal YouTube big formation. “Jangan sampai semua barang penumpang diobrak-abrik yang membuat mereka marah,” lanjutnya.

Sri Mulyani juga menegaskan pentingnya pengawasan untuk mencegah tindakan oknum nakal.

“Manajemen risiko harus dioptimalkan dan pengawasan harus terus ditingkatkan demi pelayanan yang lebih baik,” tegasnya.

Ia menyadari tugas ini tidak mudah, namun tetap menekankan pentingnya pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Belakangan ini, Bea Cukai menjadi sorotan akibat berbagai masalah. Kasus terbaru melibatkan Wirang Birawa, yang mengaku dimintai pajak bea masuk atas sepatu yang dibelinya di Jakarta namun dituduh petugas sebagai barang yang dibeli di Eropa.