Subsidi Tepat MyPertamina, Begini Cara Daftar My Pertamina

Pendaftar Aplikasi MyPertamina

Menit.co.id – Berikut ini tata cara daftar My Pertamina untuk membeli bahan bakar minyak jenis Pertalite dan Solar Subsidi dari Pertamina.

Pendaftaran ini untuk pelaksanaan program pembatasan pembelian Pertalite dan Solar Subsidi yang berlaku di sejumlah daerah.

Pembatasan BBM Pertalite dan Solar subsidi berlaku untuk konsumen pengguna roda empat atau lebih. Pengguna mobil ingin tetap beli Pertalite atau Solar subsidi harus daftar MyPertamina.

Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), melakukan uji coba pembelian Pertalite dan Solar bagi pengguna yang sudah terdaftar di MyPertamina.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution menjelaskan, dalam penyaluran BBM Subsidi ada aturan baik dari sisi kuota atau jumlah, maupun dari segmentasi penggunanya.

Namun yang saat ini masih terjadi, banyak konsumen yang tak berhak mengonsumsi Pertalite dan Solar. Jika tidak di atur, besar potensi kuota yang telah di tetapkan selama satu tahun tidak akan mencukupi.

Karena itu, Alfian mengatakan, agar memastikan mekanisme penyaluran tepat sasaran uji coba penyaluran Pertalite dan Solar bagi pengguna berhak yang terdaftar pada sistem.

“Kami menyiapkan website MyPertamina, yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang di buka pada 1 Juli 2022,” ujar Alfian.

“Masyarakat yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan Solar dapat mendaftarkan datanya melalui website ini, untuk kemudian menunggu apakah kendaraan dan identitasnya terkonfirmasi sebagai pengguna yang terdaftar,” katanya.

Subsidi Tepat MyPertamina

Lebih lanjut Alfian menjelaskan, sistem MyPertamina akan membantu mencocokkan data pengguna. Masyarakat tak perlu khawatir bila tidak memiliki aplikasi MyPertamina.

Karena pendaftaran di lakukan semua dari situs yang akan di buka empat hari lagi. Bagi pengguna yang sudah melakukan registrasi, baik kendaraan dan identitas, akan mendapatkan notifikasi melalui email.

Menurut Alfian, pengguna terdaftar akan mendapatkan QR code khusus yang menunjukkan bahwa data telah cocok dan bisa membeli Solar atau Pertalite.

“Yang terpenting adalah memastikan menjadi pengguna terdaftar di website MyPertamina. Jika seluruh data sudah cocok maka konsumen dapat melakukan transaksi di SPBU,” ujar Alfian.

“Inilah yang kami harapkan, Pertamina dapat mengenali siapa saja konsumen Pertalite dan Solar sehingga ke depannya bisa jadi acuan dalam membuat program atau kebijakan terkait subsidi energi bersama pemerintah, sekaligus melindungi masyarakat yang saat ini berhak menikmati bahan bakar bersubsidi,” katanya.

Pertamina Patra Niaga saat ini terus memperkuat infrastruktur juga kesisteman guna mendukung program penyaluran Pertalite dan Solar secara tepat sasaran ini.

Di rencanakan, uji coba awal di beberapa kota/kabupaten yang tersebar di lima Provinsi, antara lain Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan Yogyakarta.

Sayangnya, meski belum di terapkan secara menyeluruh di Indonesia, tapi sampai saat ini kejelasan soal kategori mobil mewah yang kabarnya tak boleh membeli Pertalite atau Solar, belum ada kejelasannya.

Cara Daftar My Pertamina Pertalite dan Solar Subsidi

Mengutip publikasi di akun media sosial Pertamina, berikut tata cara daftar MyPertamina untuk membeli solar subsidi dan Pertalite:

  • Siapkan dokumen yang di butuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto kendaraan dan dokumen pendukung lainnya
  • Buka website subsiditepat.mypertamina.id
  • Centang informasi memahami persyaratan
  • Klik daftar sekarang
  • Ikuti instruksi dalam website tersebut
  • Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah di daftarkan atau cek status pendaftaran di website secara berkala
  • Apabila sudah terkonfirmasi, unduh / download kode QR dari website dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina

Itulah cara daftar MyPertamina untuk beli Pertalite dan Solar Subsidi. Segera daftar MyPertamina agar tetap bisa beli Pertalite dan Solar subsidi.