Tenaga Honorer Dihapus, Pemerintah Ganti Outsourcing

Tenaga Honorer Dihapus

MENIT.CO.ID – Tenaga honorer dihapus dan pemerintah menggantinya dengan outsourcing dari pihak ketiga. Berikut informasi lengkapnya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo meminta instansi pemerintahan merekrut tenaga alih daya alias outsourcing dari pihak ketiga.

Perekrutan tersebut dapat mereka lakukan apabila instansi tersebut membutuhkan tenaga lain seperti pengemudi, tenaga kebersihan, dan satuan pengamanan.

Ketetapan ini tercantum dalam surat edaran bernomor B/185/M.SM.02.03/2022 yang di undangkan secara resmi pada 31 Mei 2022 oleh Menteri PANRB.

Surat edaran tersebut berisi mengenai penghapusan tenaga honorer di seluruh instansi pemerintah yang di mulai pada 28 November 2023.

Lebih lanjut, dalam surat edaran tersebut tercantum mengenai perekrutan tenaga alih daya (outsourcing) yang di bahas pada butir nomor 6 bagian e.

Dalam hal instansi pemerintah membutuhkan tenaga lain seperti pengemudi, tenaga kebersihan dan satuan pengamanan dapat merekrut outsourcing oleh pihak ketiga.

“Dan status tenaga alih daya (outsourcing) tersebut bukan merupakan tenaga honorer pada instansi yang bersangkutan,” ujar Tjahjo dalam surat edarannya, Selasa (31/05/2022).