Cara Mengajukan Klaim Ganti Rugi Google, Ini Panduannya

Klaim Ganti Rugi Google
Google

MENIT.CO.ID – Ingin tahu cara mengajukan klaim ganti rugi Google? Ini panduannya untuk mengajukan klaim ganti rugi Google.

Melansir dari theguardian.com, Google disebut setuju untuk menyelesaikan tuntutan hukum atas dugaan bahwa platform tersebut diam-diam melacak jutaan penggunanya yang menelusuri Internet dalam mode pribadi atau incognito.

Gugatan tersebut menuntut setidaknya $5 miliar (sekitar Rp77 triliun) atau Rp77 juta per pengguna. Meski persyaratan penyelesaian tak diungkapkan, para pengacara mengatakan bahwa mereka sudah menyetujui lembar persyaratan yang mengikat melalui mediasi.

Penyelesaian formal untuk persetujuan pengadilan pun diperkirakan akan diberikan pada 24 Februari 2024. Gugatan ini berisi bahwa penggugat menuduh adanya analitik, cookie, dan aplikasi Google yang membiarkan unit alfabet melacak aktivitas mereka, bahkan ketika mereka menggunakan Google dalam mode incognito yang diklaim lebih aman dan rahasia.

Lebih lanjut, penggugat mengatakan bahwa Google sudah menjadi gudang informasi yang tak bisa dipertanggungjawabkan karena telah membiarkan informasi pengguna tersebar, mulai dari hobi, makanan favorit, kebiasaan belanja, dan lainnya yang dilakukan secara daring.

Apabila merugi karena penggunaan Google, seperti yang terjadi pada beberapa penggugat yang dijabarkan di atas pengguna bisa mengajukan klaim ganti rugi Google.

Cara Mengajukan Klaim Ganti Rugi Google

Berikut cara klaim ganti rugi Google sebagaimana Menit News rangkum dari berbagai sumber pada, Senin (8/1/2024):

1. Identifikasi Masalah

Pengguna yang merasa dirugikan perlu mengidentifikasi masalah yang terjadi terlebih dahulu terhadap produk atau layanan Google. Masalah yang terjadi bisa berkisar pada perangkat keras, perangkat lunak, dan kesalahan lainnya.

2. Kumpulkan Bukti

Selama proses identifikasi masalah, pengguna perlu dokumentasi agar bisa menjadi bukti, baik kerugian secara finansial atau lainnya. Bukti yang dilampirkan bisa berupa tangkapan layar, bukti pembayaran, surel, dan lainnya.

3. Pahami Kebijakan Google

Pengguna juga perlu mengetahui dasar yang sah agar bisa mengajukan klaim ganti rugi, sehingga diperlukan pemahaman tentang hak-hak konsumen dan kebijakan yang diberikan Google, terutama atas masalah yang dialami.

4. Hubungi Layanan Pelanggan

Langkah selanjutnya adalah menghubungi layanan pelanggan Google sesuai masalah yang dialami. Pengguna perlu mengikuti petunjuk yang muncul di halaman pengaduan tersebut hingga proses selesai.

5. Tunggu Tanggapan

Terakhir, Google akan mengirimkan tanggapan tentang klaim ganti rugi yang dikirim penggunanya. Apabila diperlukan, pengguna bisa mengikuti prosedur yang dikirim Google hingga proses klaim ganti rugi berhasil.

6. Alamat Departemen Hukum Google

Jika semua syarat telah terpenuhi, maka Anda bisa mengajukan pemberitahuan tertulis mengenai sengketa kepada pihak lain melalui surat U.S. Mail yang bersertifikat atau melalui Federal Express (atau setara internasional), atau, hanya jika pihak lain tidak memberikan alamat fisik yang terkini, maka melalui surat elektronik. Alamat Google untuk pemberitahuan ini adalah:

Google LLC
Legal Department – Hardware Arbitration
c/o Corporation Service Company
2710 Gateway Oaks Drive, Suite 150N
Sacramento, CA 95833

Itulah tadi panduan cara mengajukan klaim ganti rugi Google. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi Anda yang sedang membutuhkan panduan cara klaim ganti rugi Google.

Exit mobile version